PENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN UNTUK MEWUJUDKANZERO ACCIDENTMELALUIKOMITE KESELAMATAN PASIEN

  • FRADANA SETIJAWAN J

Abstract

Rumahsakitsebagaisalahsatusaranapelayananpublik yang memberikanpelayanankesehatan
kepadamasyarakattermasuk  RSUD  Dr.  Soetomo  Surabaya  memiliki peran  yang  sangatstrategisdalam
mempercepatpeningkatanderajatkesehatanmasyarakat.Olehkarenaitu,  rumah sakitdituntutuntuk
memberikanpelayanan  yang  bermutusesuaidenganstandar  yang  diterapkandandapatmenjangkau
seluruhlapisan masyarakat.Tetapidalam  proses  pelayanankesehatandirumahsakittidak selamanya
berjalansesuai rencana danpastipernahterjadi kekeliruanataupun kesalahandalampenanganan
terhadap pasien rumah sakit.  Masalah diatasmerupakansalah satu isu utama dalampelayanan
kesehatanyaknikeselamatanpasien.Untukitu tujuan daripenelitianini adalahuntukmengetahuidan
mendeskripsikanstrategiataucarameningkatkanpelayanankesehatanuntukmewujudkanzero accident
di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.
Jenis penelitian  yang  digunakandalampenelitianini adalahdeskriptifkualitatif.Sedangkan
teknik pengumpulandatanyadilakukanmelaluiobservasi,  wawancara,  dandokumentasi.  Yang  diikuti
denganfocus penelitianmenggunakan  6  (enam)  sasaran  yang  dimilikibidangKomiteKeselamatan
Pasien,meliputiIdentifikasi  pasien  dengan  tepat, Tingkatkan  komunikasi  yang  efektif, Tingkatkan
keamanan  obat  yang  perlu  diwaspadai(high-alert), Pastikan  tepat-lokasi, tepat-prosedur,  tepatpasien
operasi,Kurangi risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan, danKurangi risiko pasien jatuh.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakegiatan  yang  dilakukanuntukmewujudkanzero accident
di  RSUD  Dr.  Soetomo  Surabaya  berjalanbaikdan  di  responbagusolehkeluargapasien.  Hal  tersebut
dapatdilihatdaritelahdilaksanakannya 6 (enam) sasaranyakniketepatanidentifikasipasienmelaluitim
medisdenganpendataanlengkap dandiberikangelangidentitas.  Peningkatan komunikasiefektifyang
terjadi antar pelayan kesehatan dengan metode  SBAR,  peningkatankeamanan obat  yang  perlu
diwaspadaidengankejeliandanteliti. Tepatlokasi, prosedurdantepatpasiensebelumdilakukanoperasi
dengan  data  ulang,  penguranganresikoinfeksi terkait pelayanankesehatandengancaramudahyakni
mencucitangan denganbenardansesuaiketentuansertasemuaharusbisamelakukan.  Yang  terakhir
adalahpenguranganresikopasienjatuh dengancarapengadaanfasilitas yang selalubaik, salahsatunya
adalahtempattidur yang saatini mempunyaipenyanggakanandankirisertakancingberwarnakuning
sebagaipenandapasienjatuh.

Kata kunci:pelayanankesehatan,zero accident,sasarankeselamatanpasien.

Published
2015-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 230