PENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN UNTUK MEWUJUDKANZERO ACCIDENTMELALUIKOMITE KESELAMATAN PASIEN
Abstract
Rumahsakitsebagaisalahsatusaranapelayananpublik yang memberikanpelayanankesehatan
kepadamasyarakattermasuk RSUD Dr. Soetomo Surabaya memiliki peran yang sangatstrategisdalam
mempercepatpeningkatanderajatkesehatanmasyarakat.Olehkarenaitu, rumah sakitdituntutuntuk
memberikanpelayanan yang bermutusesuaidenganstandar yang diterapkandandapatmenjangkau
seluruhlapisan masyarakat.Tetapidalam proses pelayanankesehatandirumahsakittidak selamanya
berjalansesuai rencana danpastipernahterjadi kekeliruanataupun kesalahandalampenanganan
terhadap pasien rumah sakit. Masalah diatasmerupakansalah satu isu utama dalampelayanan
kesehatanyaknikeselamatanpasien.Untukitu tujuan daripenelitianini adalahuntukmengetahuidan
mendeskripsikanstrategiataucarameningkatkanpelayanankesehatanuntukmewujudkanzero accident
di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakandalampenelitianini adalahdeskriptifkualitatif.Sedangkan
teknik pengumpulandatanyadilakukanmelaluiobservasi, wawancara, dandokumentasi. Yang diikuti
denganfocus penelitianmenggunakan 6 (enam) sasaran yang dimilikibidangKomiteKeselamatan
Pasien,meliputiIdentifikasi pasien dengan tepat, Tingkatkan komunikasi yang efektif, Tingkatkan
keamanan obat yang perlu diwaspadai(high-alert), Pastikan tepat-lokasi, tepat-prosedur, tepatpasien
operasi,Kurangi risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan, danKurangi risiko pasien jatuh.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakegiatan yang dilakukanuntukmewujudkanzero accident
di RSUD Dr. Soetomo Surabaya berjalanbaikdan di responbagusolehkeluargapasien. Hal tersebut
dapatdilihatdaritelahdilaksanakannya 6 (enam) sasaranyakniketepatanidentifikasipasienmelaluitim
medisdenganpendataanlengkap dandiberikangelangidentitas. Peningkatan komunikasiefektifyang
terjadi antar pelayan kesehatan dengan metode SBAR, peningkatankeamanan obat yang perlu
diwaspadaidengankejeliandanteliti. Tepatlokasi, prosedurdantepatpasiensebelumdilakukanoperasi
dengan data ulang, penguranganresikoinfeksi terkait pelayanankesehatandengancaramudahyakni
mencucitangan denganbenardansesuaiketentuansertasemuaharusbisamelakukan. Yang terakhir
adalahpenguranganresikopasienjatuh dengancarapengadaanfasilitas yang selalubaik, salahsatunya
adalahtempattidur yang saatini mempunyaipenyanggakanandankirisertakancingberwarnakuning
sebagaipenandapasienjatuh.
Kata kunci:pelayanankesehatan,zero accident,sasarankeselamatanpasien.

