STRATEGI PELAYANAN PADA KLINIK ( UMKM ) USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DINAS KOPERASI PROVINSI JAWA TIMUR

  • YUERNA ATMA ROFIDA

Abstract

Peningkatan Kesadaran Publik akan pentingnya pelayanan membuat masyarakat menuntut setiap lembaga public/ swasta memberikan pelayanan optimal di segala aspek kehidupan. Dinas koperasi (UMKM) Provinsi Jawa Timur mempunyai strategi pelyanan masyarakat agar optimal salah satunya dengan meningkatkan sumberdaya manusia dengan membangun Klinik (UMKM) sebagai bentuk berbagai strategi pelayana pada masyarakat dalam pengembangan ketramplan/ pemberdayaan.  
Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif yang menggambarkan objek penelitian (Moleong, 2009) penelitian menekankan pada kualitatif yang memandang realitas sosial.  Penelitian di klinik UMKM dinas koperasi dan usaha mickro kecil menengah provinsi jawa timur. merupakan pionir percontohan dinas koperasi jawa timur, dan profesionalisme pelayanan award 2008-2013. Fokus pada strategi Osborn, strategi pengembangan struktur, penyederhanaan prosedur, infrastruktur, budaya, dan kwirausahaan. Pengumpulan data penelitian pengukuran terhadap fenomena sosial, melalui wawancara, dokumentasi, buku dan catatan (Sugiyono, 2004).
Hasil penelitian Klinik UMKM Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur terdapat Lima, Strategi pelayanan pengembangan struktur organisasi struktur jabatan yang berbelit di rubah menjadi lebih efisien. Startegi pengembangan prosedur perubahan prosedur pelayanan yang tidak jelas digambarkan alur lebih mudah dipahami, dijalankan mengatur secara detil tahapan pelayanan, maka sistem dan prosedur inilah yang seringkali menjadi sumber penyebab sistem pelayanan menjadi berbelit, kaku, dan tidak efisien. Strategi pengembangan infrasruktur menyangkut penyediaan sarana dan prasaranan pelayanan yang mendukung penyediaan fasilitas. Strategi pengembangan budaya menyangkut perubahaan karakter prilaku. Strategi pengembangan kewirausahaan menumbuhkembangakan jiwa kewirausahaan  membuka ruang kesempatan menggali sumber pendapatan.  
Kata Kunci : Strategi Pelayanan, Klinik UMKM Dinas Koperasi Jawa Timur.

Published
2015-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 861