EVALUASI PROGRAM REHABILITASI SOSIAL DAERAH KUMUH (RSDK) DALAM KEGIATAN PERBAIKAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNI  DI KELURAHAN WONOREJO KECAMATAN TEGALSARI KOTA SURABAYA

  • ALFIORINA HERU ERIZA

Abstract

Program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh (RSDK) dalam kegiatan perbaikan rumah tidak layak huni  ini merupakan bantuan yang diberikan oleh Pemerintahan Provinsi Surabaya kepada masyarakat miskin yang  menempati rumah tidak layak huni dengan  tujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat dan / atau keluarga miskin utamanya dikawasan permukiman kumuh.  
 Penelitian evaluasi program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh dalam kegiatan perbaikan rumah tidak layak huni ini dilakukan untuk melihat sejauh mana keberhasilan program tersebut, dengan menggunakan indikator dan tolak ukur berdasarkan  kriteria efektifitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Menggunakan metode penelitian deskripyif kuantitatif. Adanya evaluasi program RSDK dalam kegiatan perbaikan  rumah tidak layak huni ini dapat memberikan informasi/ rekomendasi tentang perkembangan program.
 Hasil dari evaluasi ini menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan program yang sudah cukup sesuai dengan kriteria pelaksanaan program. Tujuan  dan sasaran target program tepat sasaran karena syarat  target sasaran  yang disebutkan di Perwali adalah  masyarakat miskin yang mempunyai rumah  tidak layak huni. Efisiensi pelaksanaan program , belum sepenuhnya efisien karena masih ada kekurangan terjadi dalam jumlah pekerja perbaikan rumah yang kurang. Serta dana yang diberikan oleh warga kurang mencukupi untuk perbaikan keseluruhan bangunan rumah warga. Seharusnya adanya penambahan pekerja untuk memperbaiki rumah warga.  Kecukupan pelaksanaan program yang dinilai dari keberhasilan aspek fisik  meningkat tinggi. Perataan dilihat dari sosialisai  dan pemerataan dana bantuan sudah dilakukan secara adil. Tingkat responsivitas masyarakat program perbaikan rumah tidak layak huni cukup tinggi karena dari awal pelaksanaan program sampai selesainya program peran masyarakat sangat berpengaruh. Ketepatan pelaksanaan program ini juga sesuai dengan yang diinginkan. Pemahaman masyarakat tentang program perbaikan rumah ini cukup baik.    
Kata Kunci: Evaluasi Program, perbaikan rumah tidak layak huni

Published
2015-08-04
Section
Articles
Abstract Views: 198
PDF Downloads: 228