PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) MINO TIRTOREJO DI DESA TUNJUNGREJO KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG

  • NURI ARINTHA WINDIARTI

Abstract

Pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai perwujudan peningkatan harkat dan martabat lapisan masyarakat untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan sosial ekonomi. Seperti yang dilakukan pada sekumpulan masyarakat perikanan yang tergabung dalam kelompok pembudidaya ikan (POKDAKAN) dalam mewujudkan keberdayaan ekonomi melalui kegiatan usaha budidaya ikan gurame. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pemberdayaan ekonomi pada kelompok pembudidaya ikan (POKDAKAN) Mino Tirtorejo Di Desa Tunjungrejo Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang.   
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara, fokus pada penelitian ini untuk melihat keberdayaan ekonomi dengan teori model pemberdayaan melalui pendekatan CIPOO oleh Sulistiyani (2004: 117), yaitu Context, Input, Process,Output dan Outcome.   
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan ekonomi pada kelompok pembudidaya ikan (POKDAKAN) Mino Tirtorejo yang dilihat dari : 1) Context menyangkut pembagian tugas dan pengakuan kelompok Mino Tirtorejo, sistem manajemen keuangan, kinerja organisasi yang dapat dinilai dalam pertemuan kelompok sudah baik dan pemberian materi pemberdayaan terkait budidaya ikan. 2) Input ditemui faktor pendukung internal yaitu potensi sumber daya manusia kelompok dan faktor eksternal berupa bantuan modal dan teknologi. 3) Process  berkaitan penguatan kapasitas kelembagaan dengan pelatihan yang diwakili ketua, kemitraan yang dijalin oleh kelompok Mino Tirtorejo, evaluasi yang tujuan untuk menilai kinerja pengurus, pemberian sosialisasi tentang kegiatan sektor budidaya perikanan. 4) Output menghasilkan peningkatan luas kolam pembudidaya, mendapatkan pinjaman kredit dari Bank dan akses pasar. 5) Outcome berkaitan dengan pendapatan pembudidaya ikan gurame. Namun, pemberdayaan ekonomi masih belum optimal seperti pelatihan manajemen dan pelatihan ketrampilan belum diperoleh seluruh pembudidaya ikan, pemberian materi pemberdayaan belum melibatkan ahli dan kurangnya aspek pengawasan pada kelompok Mino Tirtorejo.   Kata Kunci :  Pemberdayaan Ekonomi, Kelompok, Perikanan.

Published
2015-10-30
Section
Articles
Abstract Views: 285
PDF Downloads: 636