KUALITAS PELAYANAN PAJAK DI KANTOR PELAYANANPAJAK PRATAMA BOJONEGORO

  • OKKY FEBRIANA

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak. KPP Pratama Bojonegoro adalah salah satu Kantor pelayanan pajak yang memiliki banyak prestasi. Dengan memberikan 12 (dua belas) layanan unggulan dan modernisasi perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan yang telah di berikan KPP Pratama Bojonegoro pada wajib pajak yang berfokus pada lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu Tangible (Bentuk Fisik), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan dan Kepastian), Empaty (Empati).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendektan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah wajib pajak di KPP Pratama Bojonegoro pada bulan januari-mei 2015 dengan jumlah 3.954 wajib pajak. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sample 98 wajib pajak. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 24 indikator dinyatakan 15 indikator dalam kriteria sangat baik dan 9 indikator dalam kriteria baik. Berikut nilai rasio indikator tertinggi dan terendah dari 24 indikator, yaitu indikator petugas pajak bertanggu jawab atas tugasnya dengan nilai 1,038 dan indikator petugas pajak memberikan kemudahan dalam pelayanan dengan nilai 0,980. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rasio antara persepsi dan harapan wajib pajak berada pada interval 0,8 - 0,99 dan 1 - >1 , maka kualitas pelayanan di KPP Pratama Bojonegoro sudah sangat baik.
Kata Kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Pajak

Published
2015-11-27
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 51