PENERAPAN PENDAFTARAN PENCATATAN PERKAWINAN WNI ONLINE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI SURABAYA

  • ROSSY WIDYA ANGGRAENI

Abstract

Penerapan electronic government untuk pencatatan perkawinan merupakan salah satu program yang di gagas oleh Walikota Surabaya bertujuan untuk memudahkan masyarakat Surabaya yang akan mencatatkan perkawinannya. Pencatatan perkawinan secara online memudahkan didalam kepengurusannya, masyarakat tidak perlu datang mengantri ke loket, melainkan masyarakat hannya mengakses secara online di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sistem informasi pencatatan perkawinan online bagi WNI pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Surabaya. Menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun narasumber penelitian ini diantaranya adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Surabaya. Kasi Pencatatan Perkawinan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Surabaya. Kepala Bidang Data Dan Informasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Surabaya. Staf Pencatatan Perkawinan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Surabaya. Staf Layanan Bidang Data Dan Informasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Surabaya. Programmer di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Surabaya. Masyarakat Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pencatatan perkawinan pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Surabaya secara online sudah berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa faktor penghambat. Hal tersebut diketahui melalui implementasi elemen political environment yang bertipe Bottom Up Projects (BUP). Elemen leadersip yang mana peran kepala tiap-tiap kasi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Surabaya cukup baik, dan masyarakat juga turut serta melaksanakan kebijakan tersebut. Elemen planning yang sudah terealisasi dengan baik dari mulai pendaftaran sistem manual dan berubah menjadi sistem online. Elemen stakeholders yang memiliki komitmen tinggi dan menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara pegawai satu dengan pegawai lain dan pegawai dengan masyarakat. Elemen transparency/visibility yang mampu diwujudkan dalam bentuk mengakses www.dispendukcapil.surabaya.go.id di dalam sistem tersebut masyarakat hanya melakukan pendaftaran dan melakukan verifikasinya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Surabaya. Elemen budgets yang menunjukkan efesiensi anggaran dalam membangun suatu sistem. Elemen technology yang selalu dikembangkan dan sampai saat ini menggunakan program “web service dan server” dan elemen innovation penerapan sistem online ini terbilang kreatif dimana kepengurusannya hannya memerlukan verifikasi pasangan, waktu penyelesaian juga lebih cepat.
Kata kunci : Elektronic Government dan pencatatan perkawinan

Published
2016-01-11
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 51