STRATEGI PENINGKATAN LAYANAN KLIM DANA PENSIUN di KANTOR PT.TASPEN SURABAYA

  • HERINA YULKARNENI

Abstract

Strategi adalah kiat, cara atau taktik tertentu yang dirancang secara sistematis dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas layanan pada masyarakat khusunya bagi peserta pensiunan yang telah mengabdikan diri pada pemerintah diperlukan strategi yang bisa membuat layanan menjadi efisien dan efektif. Pentingnya strategi dalam meningkatkan layanan ini dikarenakan masyarakat berhak untuk mendapatkan pelayanan yang baik sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/26/M.PAN/2/2004 tentang petunjuk teknis transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik termasuk juga PT.Taspen Surabaya yang menangani klim dana pensiunan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi PT.Taspen Surabaya dalam meningkatkan layanan klim dana pensiunan.
Jenis penelitan yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teori strategi yang digunakan yaitu lima strategi peningkatan layanan yang dari Osborne meliputi strategi inti, strategi konsekuensi, strategi konsumen, strategi kontrol, strategi budaya (Hariyanto:2003). Penelitian ini mengambil narasumber sejumlah 10 orang berdasarkan bidang yang diteliti yaitu bagian pelayanan klim dan data pensiunan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara terstruktur dan teknik analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis kualitattif menurut Miles dan Huberman (Sugiyono, 2014).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan layanan klim dana pensiun di PT.Taspen Surabaya sudah cukup baik. Hal ini didasarkan pada program-program dan kebijakan layanan yang ada seperti kebijakan memprioritaskan konsumen/peserta pensiunan, pengawasan yang konstan, pemberdayaan pegawai melalui sistem lembur dan sistem penilaian kinerja pegawai yang terstruktur dalam SPK tahunan. Saran dari peneliti yaitu Kantor PT.Taspen Surabaya khususnya kepala cabang lebih bersikap bijaksana dalam menghadapi kesalahan pegawai dan tidak bersikap otoriter agar pegawai merasa dihargai kinerjanya serta pegawai bagian data kepesertaan PNS aktif dan pensiunan ditambah dengan memanfaatkan pegawai baru yang telah direkrut tahun ini agar kinerja bagian data dapat terselesaikan secara cepat dan tepat waktu sesuai SOP.
Kata Kunci: Strategi, Layanan, klim dana pensiunan

Published
2016-01-11
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 370