EFEKTIVITAS PELAYANAN ANGKUTAN BUS SEKOLAH GRATIS OLEHDINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BLITAR

  • USWATUL FITROH

Abstract

Salah satu bentuk pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah pelayanan
jasa transportasi/angkutan. Namun saat ini, angkutan umum (angkutan kota) cenderung
ditinggalkan oleh masyarakat dikarenakan minimnya tingkat pelayanan yang diberikan oleh
operator angkutan kota. Melihat kondisi pelayanan angkutan kota yang semakin rendah,
sehingga mempengaruhi para pelajar yang lebih memilih menggunakan sepeda motor saat ke
sekolah daripada menggunakan angkutan kota. Semakin banyaknya para pelajar yang
mengendarai sepeda motor menyebabkan angka pelanggaran lalu lintas dan angka kecelakaan
yang semakin tinggi. Menanggapi fenomena tersebut, Pemerintah Kota Blitar dan Dinas
Perhubungan Kota Blitar menyediakan sarana angkutan bus sekolah gratis. Dalam pelaksanaan
pelayanan angkutan bus sekolah gratis tersebut, perlu diukur keefektifannya dengan
menggunakan indikator-indikator dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 Tahun 2015
yang terdiri dari: (1) Keamanan, (2) Keselamatan, (3) Kenyamanan, (4) Keterjangkauan (5)
Kesetaraan, dan (6) Keteraturan. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat rumusan masalah
mengenai efektivitas pelayanan angkutan bus sekolah gratis oleh Dinas Perhubungan
Komunikasi dan Informatika Kota Blitar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan penelitian ini dilakukan di
Angkutan Bus Sekolah Gratis dengan teknik pengumpulan data kuesioner, observasi dan
wawancara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Insidental.
Sampel yang digunakan berjumlah 81 penumpang angkutan bus sekolah gratis. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain analisis data kuantitatif dan analisis data
deskriptif.
Hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa indikator yang memiliki nilai prosentase
tertinggi adalah indikator keterjangkauan (96,8%), yang kedua adalah indikator keamanan
(87,9%), selanjutnya indikator kenyamanan (86,2%), indikator keteraturan (84%), indikator
keselamatan (82,3%) dan indikator kesetaraan (61%). Sehingga diperoleh prosentase rata-rata
efektivitas pelayanan sebesar 83,5% yang berada pada kategori sangat efektif, yang artinya
pelayanan angkutan bus sekolah gratis oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
Kota Blitar telah berjalan baik dan sangat efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, Angkutan Bus Sekolah Gratis

Published
2016-01-21
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 91