IMPLEMENTASI PROGRAM ECOMOBILE PT.PEMBANGKITAN JAWA-BALI DI JALAN RAYA DARMO SURABAYA

  • ANDY RAMADHAN KURNIA

Abstract

Program Ecomobile PJB merupakan program edukasi lingkungan hidup keliling yang diusung oleh PT.PJB untuk menunjukkan pertanggungjawaban sosial perusahaan (CSR) terhadap lingkungan sekitar . PT.PJB dibantu Tunas Hijau Club dalam pelaksanan kegiatan Ecomobile. Alasan utama PT.PJB dan Tunas Hijau melaksanakan program ecomobile karena melihat masyarakat dunia saat ini menghadapi persoalan serius terkait dengandegradasi sumber daya alam, energi, serta lingkungan hidup. Pemanfaatan daneksploitasi sumber daya alam yang tidak diimbangi dengan upaya konservasimulai menampilkan dampak negatif terhadap keberlangsungan lingkunganhidup. Hal ini tidak hanya mengancam keberlangsungan lingkungan alam,tetapi juga keberlangsungan hidup manusia sendiri.Pendidikan lingkungan hidup yang berkelanjutan, yang memadukanantara praktek dan teori menjadi diantara solusi jitu dalam mengatasipermasalahan lingkungan hidup yang terjadi itu.  
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari staff CSR, Tunas Hijau Club, Aktivis serta masyarakat sekitar yang ikut serta dalam program Ecomobile PJB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan empat macam teknik pengumpulan data yaitu wawancara semi terstruktur, obserbasi langsung, dokumentasi, dan triangulasi teknik. Analisis data dilakuka dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Program Ecomobile PT.Pembangkitan Jawa- Bali Di Jalan Raya Darmo Surabaya jika dilihat dari variabel-variabel yang mempengengaruhi implementasi kebijakan menurut George C. Edward III. (dalam Leo Agustino, 2008 : 149-154) yaitu: 1. Komunikasi, 2. Sumberdaya, 3. Disposisi, dan 4. Struktur birokrasi.. Bahwasanya sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai PT.PJB dalam pelaksanaan program Ecomobile. Akan tetapi ada beberapa kekuarangan terhadap pelaksanaan program ini yaitu;komunikasi yang belum maksimal antara PT.PJB dan Tunas Hijau Club yang menyebabkan proses evaluasi program tidak maksimal dilaksanakan oleh PT.PJB, dan kurangnya SDM dalam pelaksanaan kegiatan Ecomobile.
Kata Kunci: Implementasi Program, CSR, Program Ecomobile

Published
2016-01-26
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 19