STRATEGI PENGELOLAAN PENDAPATAN ASLI DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DESA PANDANARUM KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

  • MILA FATIHATU YUSIFA

Abstract

Pengelolaan Pendapatan Asli Desa dilakukan dalam rangka penyelenggaraan pembangunan desa sebagai penambah dan pemasukan dan sumber pendapatan desa. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 77 tentang pengelolaan kekayaan milik desa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa serta meningkatkan pendapatan desa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pengelolaan pendapatan asli desa dalam rangka pembangunan desa.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori strategi optimalisasi pengelolaan pendapatan asli desa menurut Mardiasmo yang terdapat 4 kebijakan pengelolaan pendapatan asli desa, fokus penelitian antara lain identifikasi dan inventarisasi nilai dan potensi aset desa, sitem informasi manajemen aset desa, pengawasan dan pengendalian pemanfaatan aset desa, keterlibatan jasa penilai. Teknik analisis data mengacu pada analisis menurut Miles  dan Huberman dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan analisis data.  Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan pengelolaan sebagai strategi peningkatan pengelolaan pendapatan asli desa. Pengelolaan pendaptan asli desa berdasarkan strategi optimalisasi pendapatan asli desa yang diawali dengan iventarisasi potensi kekayaan desa yang dimiliki sudah sesuai dengan peraturan Undang-undang No 6 Tahun 2014 Pasal 77, sistem informasi manajemen aset desa yang sudah ada namun perlu peningktan dalam upaya transparansi terhadap masyarakat masih dirasa kurang, pengawasan dan pengendalian pemanfaatan aset desa sudah berjalan efektif dengan memberdayakan masyarakat sebagai pihak pengawas dan pengelola pendapatan asli desa, adanya keterlibatan pihak kecamatan dan  pemerintah daerah kabupaten sebagai jasa penialai yang akurat.
 Upaya-upaya perbaikan dalam pengelolaan pendapatan asli desa sudah terdapat peningkatan dari pengelolaan pendapatan asli desa terdahulu, dan pencapaia hasilnya sudah bisa dikatakan sudah optimal. Hal tersebut sesuai dengan visi yang dimiliki Desa Pandanarum dalam memandirikan masyarakat desa.  
Kata Kunci: Strategi, pendapatan asli desa, pembangunan desa

Published
2016-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 403
PDF Downloads: 507