EFEKTIVITAS PROGRAM SIARAN RADIO SUARA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (STUDI DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN JOMBANG)

  • SILVI FARIKHATUL JANNAH

Abstract

Abstrak


Pendidikan merupakan salah satu wahana terpenting dalam pembentukan karakter suatu bangsa. Karena kualitas pendidikan yang baik maka dapat mengantarkan rakyat ke kehidupan yang lebih sejahtera. Di Indonesia instansi yang khusus menangani berbagai permasalahan mengenai pendidikan adalah Dinas Pendidikan yang ada di setiap kota/kabupaten. Setiap kota/kabupaten memiliki cara tersendiri dalam menentukan kualitas pendidikannya. Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang merupakan instansi yang memiliki kekhasan dalam hal meningkatkan kualitas pendidikannya yaitu dengan membentuk Radio Suara Pendidikan. Radio ini memiliki kekhususan dalam program acara yaitu memberikan informasi seputar dunia pendidikan. program-program acara siaran radio ini ditujukan untuk masyarakat umum dan masyarakat pendidikan.
Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana efektivitas program siaran radio suara pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengukur efektivitas, peneliti menggunakan indikator ukuran efektivitas menurut Sutrisno (2007:125-126) yang terdiri dari pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata.
Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi efektivitas program siaran radio suara pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan (studi di Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang) dapat dikatakan baik. Adanya program siaran radio suara pendidikan mampu menambah informasi, meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat luas serta memperbaiki kualitas pelayanan publik.
Kata Kunci: Pendidikan, Efektivitas Program, Radio Suara Pendidikan

Published
2016-04-05
Section
Articles
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 401