PENERAPAN SISTEM APLIKASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN (SAPK) (STUDI PADA APLIKASI KENAIKAN PANGKAT PNS DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR)

  • POPPY AYU PERMATASARI

Abstract

Abstrak

Electronic Government sudah banyak diterapkan diberbagai instansi baik instansi pemerintahan/Negeri maupun instansi swasta, salah satu instansi pemerintah/Negeri yang menerapkan Electronic Government adalah Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur. Sebagai instansi pemerintahan/Negeri yang menaungi para Pegawai Negeri Sipil dalam pelayanan yang berbasis elektronik yaitu Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) khususnya pada aplikasi kenaikan pangkat PNS di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun fokus dari penelitian ini adalah delapan elemen sukses keberhasilan e-government menurut Indrajit, yaitu political environment, leadership, planning, stakeholders, transparency, budgets, technology, innovation. Subyek penelitian dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SAPK di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala. Hal tersebut diketahui melalui implementasi elemen political environment yang bertipe Top Down Projects (TDP). Elemen leadership yang mana peran kepala kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur dalam penerapan SAPK sudah baik. Elemen planning dalam penerapan SAPK di kantor ini tidak mengetahui perencanaan dari adanya SAPK, kantor ini hanya sebagai pelaksana saja.  Elemen stakeholders yang memiliki komitmen untuk menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik antara pegawai satu dengan pegawai yang lainnya. Elemen transparency yang dapat membuka dan mengakses SAPK di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur ialah hanya para pegawai di bidang mutasi khususnya di sub bidang pangkat, pindah, dan pensiun. Elemen budgets dalam penerapan SAPK di kantor ini tidak ada anggaran untuk SAPK sendiri. Elemen technology sudah baik dan dikatakan sudah cukup canggih. Elemen innovation dapat dilihat dari kegiatan para pegawai yang melakukan lembur dan membuat aplikasi program kenaikan pangkat.

Kata Kunci: Electronic Government, SAPK, Aplikasi Kenaikan Pangkat PNS

Published
2016-04-05
Section
Articles
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 202