FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI PESERTA DALAM PROGRAM SEKOLAH LAPANGAN PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (SL-PTT) PADI DI DESA BEDIKULON KECAMATAN BUNGKAL KABUPATEN PONOROGO

  • NURIN PURNAMASARI

Abstract

Abstrak


Partisipasi masyarakat menjadi hal yang penting dalam rangka mendukung kesuksesan Program Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) Padi yang digunakan sebagai salah satu strategi untuk mencapai tujuan Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN). Keberagaman situasi di lapangan yang meliputi tingkat pendidikan, sumber daya manusia serta dukungan dari faktor eksternal lainnya akan berdampak pada tujuan dan keberlanjutan dari program. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Peserta dalam Program Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL- PTT) Padi di Desa Bedikulon Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor yang mempengaruhi partisipasi peserta memiliki pengaruh yang signifikan dan positif secara simultan dan parsial terhadap Program SL-PTT Padi. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi partisipasi peserta sebagai variabel independent dan Program SL-PTT Padi sebagai variabel dependent. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebar kepada 62 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Regresi Linier Berganda yang dibantu dengan Program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor Usia (X1), Tingkat Pendidikan (X2), Pendapatan (X3) tidak memiliki pengaruh yang signifikan namun memiliki arah yang positif terhadap Program SL-PTT Padi. Sedangkan faktor Komunikasi (X4) memiliki pengaruh yang signifikan dengan arah positif terhadap Pelaksanaan Program SL-PTT Padi (Y). Besarnya kontribusi variabel independent secara bersama-sama terhadap variabel dependent adalah sebesar 70,9%, dilihat dari nilai Koefisien Determinasi (Adjusted R2). Adapun saran yang diberikan peneliti adalah perlunya pengurus kegiatan meningkatkan aspek komunikasi dengan kelompok sasaran, agar mereka lebih mengetahui manfaat dari Kegiatan Sekolah Lapangan (SL) Padi. Sehingga masyarakat dapat lebih berpartisipasi dalam mensukseskan Program SL-PTT Padi.  Kata Kunci : Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Peserta, Program SL-PTT Padi

Published
2016-04-08
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 120