PELAYANAN PRIMA PADA POSYANDU LANSIA DI PONDOK KESEHATAN DESA (PONKESDES), DESA KARANGDINOYO KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO

  • MIFTAKUL JANNAH

Abstract

Abstrak

Dengan adanya kebijakan kesehatan bagi lanjut usia, maka pemerintah menyediakan sarana dan prasarana, tenaga medis, serta fasilitas pendukung  agar kebijakan program tersebut bisa terlaksanakan dengan baik. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada pelayanan kesehatan bagi kaum lanjut usia secara lebih optimal serta mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan apa yang di inginkan oleh masyarakat terutama kaum lanjut usia.  Wujud dari usaha pemerintah adalah dicanangkan pelayanan kesehatan bagi lansia masyarakat yakni Posyandu Lansia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelayanan prima Posyandu Lansia di Pondok Kesehatan Desa (PONKESDES) Desa Karangdinoyo, Sumberrejo, Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini pelayanan prima Posyandu lansiadengan menggunakan indikator Konsep Attitude (Sikap), Konsep Anttention (Perhatian), Konsep Action (Tindakan), Konsep Anticipation (Antisipasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Prima Pada Posyandu Lansia di Ponkesdes Desa Karangdinoyo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro,pada proses pelayanannya sudah berjalan dengan baik, meskipun masih terdapat kendala. Hal tersebut diketahui melalui konsep A4 pelayanan prima,Konsep Attitude (Sikap) dalam pelayanan Posyandu lansia di Ponkesdes Karangdinoyo sudah memberikan pelayanan yang baik, ramah, sopan dan santun,Konsep Attention (Perhatian) dalam pelayanan Posyandu lansia di Ponkesdes Karangdinoyo, berupa selalu memperhatikan kesehatan lanjut usia dengan cara memberikan arahan tentang hidup yang sehta, dan menjaga pola makan yang baik dan teratur, Konsep Action (Tindakan) bentuk tindakan yang diberikanpegawai atau perawat pada Posyandu lansia di Ponkesdes Karangdinoyo berupa,selalu memberikan pelayanan yang bagus bagi lansia dan selalu memperbaiki sikap dari kegiatan yang dilaksanakan, Konsep Anticipation (Antisipasi)dalam pelayanan Posyandu lansia di Ponkesdes Karangdinoyo, berupa apabila lansia merasakan sakit yang parah sehingga pegawai atau perawat Ponkesdes tidak sanggup untuk menangani, maka secara langsung dapat memeriksakan ke Dokter Puskesmas ataupun Dokter di Rumah Sakit dan pegawai atau perawat Ponkesdes akan langsung memberikan rujukan untuk tindakan tersebut. Saran yang bias diberikan yaitu,Para pegawai atau perawat Ponkesdes Karangdinoyo bisa membrikan pelayanan dengan cara langsung mendatangi kerumah lansia, apabila mereka merasa sakit dan sekiranya tidak dapat hadir dan mengikuti Posyandu lansia, sehingga dengan adanya pelayanan tersebut nantinya dapat memberikan pelayanan yang sangat memuaskan.Para pegawai atau perawat Ponkesdes Karangdinoyo bisa memberikan sosialisasi ke Desa baik bagi para pra lansia maupun lansia, supaya lebih aktif lagi untuk mengikuti kegiatan Posyandu lansia ini, karena mengingat masih banyak masyarakat yang masih belum mengikuti Posyandu lansia tersebut dikarenakan beberapa faktor.Pemeliharaan sarana dan prasarana Ponkesdes Karangdinoyo bisa ditingkatkan dengan lebih baik lagi, supaya dalam memberikan pelayanan kesehatan dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat.  
Kata kunci: pelayanan prima, posyandu lanjut usia

Published
2016-05-16
Section
Articles
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 826