IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYPERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM(PDAM) SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA(STUDI PADA KRAN AIR SIAP MINUM (KASM) DI TAMAN BUNGKUL SURABAYA)

  • RIZAL ARFIANSYAH

Abstract

Abstrak

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah salah satu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap lingkungan sekitar dimana perusahaan tersebut berada. CSR sendiri adalah program yang terdiri dari dua jenis, yaitu program kemitraan dan bina lingkungan. Salah satu bentuk CSR bina lingkungan yang dilakukan oleh PDAM Surya Sembada Kota Surabaya adalah Kran Air Siap Minum (KASM). KASM mulai beroperasi pada 11 Agustus 2009. Namun sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang belum memahami guna dari KASM tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Corporate Social Responsibility Bina Lingkungan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya yang berbentuk Kran Air Siap Minum. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian ini terdiri Manajer Perencanaan Strategis Perushaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya dan pengunjung Taman Bungkul. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini bahwa Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya melaksanakan program Kran Air Siap Minum dengan baik dari segi perencanaan, namun dalam hal pelaksanaan masih terdapat kendala, salah satu kendala yang dialami adalah kurangnya sosialisasi, pengunjung Taman Bungkul kurang mengetahui bagaimana fungsi dari KASM karena mereka kurang mendapatkan sosialisasi yang rutin. Selain itu, informasi yang terdapat pada KASM masih terlihat kurang, dan tekanan air yang kurang stabil.Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah PDAM Surya Sembada Kota Surabaya perlu melakukan sosialisasi yang lebih rutin, sosialisasi yang dilakukan dapat berupa pemberian brosur atau bekerja sama dengan Taman Bungkul untuk membuat event yang melibatkan KASM, kemudian melakukan peremajaan pada KASM sehingga tampak lebih menarik, saran terakhir adalah menyeimbangkan tekanan air pada lokasi lokasi KASM sehingga air yang keluar dapat stabil.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Kran Air Siap Minum (KASM)

Published
2016-05-16
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 146