SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PROGRAM KARTU KELUARGAKU DATA ULANG (KAKEKKU DATANG) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GRESIK

  • EWA DWI ISTANTO

Abstract

Abstrak

Program Kartu Keluargaku Data Ulang (Kakekku Datang) merupakan program pemerintah Kabupaten Gresik khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik, yang mana program Kakekku Datang ini dilaksanakan melalui kegiatan jemput bola dengan mendatangi desa/kelurahan guna memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara langsung kepada masyarakat tanpa dipungut biaya atau gratis. Program Kakekku Datang telah masuk sebagai 99 TOP inovasi pelayanan publik dari 2.476 inovator yang mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2016 yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Dalam memberikan pelayanan kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik di tuntut untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat agar tercipta pola pelayanan yang baik dan bermuara pada kepuasan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah mengatur aspek penilaian kepuasan itu melalui Survei Kepuasan Masyarakat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 yang memuat delapan aspek penilaian yaitu Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Maklumat Pelayanan dan Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif – kuantitatif. Penelitian in mengambil sampel 97 orang dari populasi 3360 orang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan program Kakekku Datang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik secara garis besar sudah berjalan dengan sangat baik karena perolehan nilai setiap indikator prosedur memperoleh persentase sebesar 76,7%, persyaratan 79,7, waktu pelayanan 72,5%, produk spesifikasi jenis pelayanan 77,5%, kompetensi pelaksana 89,3%, perilaku pelaksana 85,5%, maklumat pelayanan 80,9%, penanganan pengaduan, saran dan masukan sebesar 79,5%. Peneliti memberikan beberapa saran yaitu perlu meningkatkan kinerja pegawai agar bekerja lebih cepat, memberi peringatan lebih keras agar tidak ada pemohon yang terlambat mengumpulkan berkas, dan melakukan sosialisasi terkait Program Kakekku Datang kepada masyarakat agar lebih memahami prosedur dan persyaratan dalam pelayanan Program Kakekku Datang.
Kata Kunci : Survei Kepuasan Masyarakat, Kakekku Datang

Published
2016-05-16
Section
Articles
Abstract View: 39
PDF Download: 50