EFEKTIVITAS PROGRAM MODEL KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (M-KRPL) DI DESA NGLETIH KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI

  • YULIA AMIDA SUSANTI

Abstract

Kerawanan pangan merupakan salah satu masalah penting yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut guna mencapai ketahanan pangan khususnya pada level rumah tangga, yaitu melalui Program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) yang merupakan salah satu wujud pelaksanaan dari Program Percepatan Pergerakan Konsumsi Pangan (P2KP). Program M-KRPL merupakan program yang dilakukan melalui pemanfaatan pekarangan dengan kegiatan budidaya tanaman, ternak, atau ikan oleh sekelompok orang yang memiliki kedekatan wilayah. Program ini mulai dilaksanakan di Jawa Timur sejak tahun 2012. Sebagai salah satu desa di Jawa Timur, Desa Ngletih Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri turut melaksanakan program M-KRPL ini pada bulan Maret 2013. Kegiatan pemanfaatan pekarangan dilakukan oleh anggota Kelompok Wanita Tani “Sekartaji” dengan penanaman sayur dan buah sebagai kegiatan utama. Adapun tujuan dari penelitian  ini adalah untuk mengukur dan mendeskripsikan tingkat Efektivitas Program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Desa Ngletih Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri beserta kekuatan dan kelemahan dari pelaksanaan program.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan variabel penelitian terdiri dari variabel tunggal, yaitu efektivitas. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang disebar kepada 50 anggota Kelompok Wanita Tani dan merupakan penelitian populasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik sederhana berdasarkan indikator efektivitas menurut Budiani (2007), yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program yang diukur dengan berpedoman pada skala nilai menurut Peraturan Kementerian Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 Lampiran 7.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program M-KRPL sudah berjalan efektif dengan nilai 78,41%, dimana ketepatan sasaran sebesar 88,40%, sosialisasi program sebesar 78,10%, tujuan program sebesar 82,47%, dan pemantauan program sebesar 70,67%. Adapun faktor pendukung program adalah sasaran program yang efektif, metode dan media sosialisasi yang efektif, pemahaman pendamping terhadap materi sosialisasi, kemampuan Kelompok Wanita Tani dalam pelestarian tanaman yang efektif, manfaat Program M-KRPL yang efektif dirasakan oleh anggota Kelompok Wanita Tani, dan kontinuitas pelaksanaan pembukuan kegiatan dan pembuatan laporan penggunaan dana. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan Program M-KRPL, yaitu pemantauan program yang belum berjalan maksimal dan masih kurangnya kemampuan kelompok sasaran terhadap beberapa materi sosialisasi. Adapun rekomendasi yang diberikan peneliti berupa pembuatan jadwal pemantauan, pemberian sanksi bagi pihak yang tidak melakukan pemantauan, dan dimungkinkan  untuk menambah jumlah petugas pemantau serta pengadaan sosiaisasi yang rutin agar pelaksanaan Program M-KRPL dapat berkembang.

Kata Kunci : Efektivitas, Program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL)

Published
2016-05-17
Section
Articles
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 110