EVALUASI PERATURAN BUPATI SIDOARJO NOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANG PENDIDIKAN KHUSUS DAN LAYANAN PENDIDIKAN KHUSUS (Studi Pada Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jumputrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo)

  • ANDY EKO PRADANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi sejauh mana pencapaian tujuan kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jumputrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo yang mana dari hasil evaluasi akan dihasilkan beberapa rekomendasi untuk memperbaiki pelaksanaan kebijakan pada masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh data yang mendalam dari narasumber. Teknik pengamatan digunakan untuk memastikan keadaan yang sebenarnya di lapangan. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data-data dan informasi-informasi berupa arsip atau foto objek yang diteliti. Informan penelitian sebanyak 7 orang yang merupakan komposisi dari pelaksana kebijakan, para pendidik, orang tua dan komite sekolah serta masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan pendidikan inklusif di SDN Jumputrejo selama tiga tahun belum mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan alternatif-alternatif yang digunakan berupa tes psikologi bagi peserta ABK, pemberian latihan khusus untuk pendidik dan upaya pemberian fasilitas pendukung pembelajaran bagi peserta didik ABK belum dilaksanakan. Sehingga manfaat dari kebijakan inklusif dinilai belum terasa oleh pihak-pihak yang terlibat dan juga justru dinilai merugikan para pendidik atau pihak sekolah. Sebaiknya diperlukan perbaikan kembali melalui pelaksanaan alternatif-alternatif sesuai dengan prosedur yang ada supaya kebijakan ini benar-benar mampu memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

Kata Kunci : Evaluasi Kebijakan, Pendidikan Inklusif

Published
2016-05-17
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 170