EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) (Studi pada Kelompok Mojokrapak Berseri di Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang)

  • DEWI FITRIANINGRUM

Abstract

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL)

(Studi pada Kelompok Mojokrapak Berseri di Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang)

Dewi Fitrianingrum

12040674037 (S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya)

Email : dewfitningrum77@gmail.com

Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.

0023097908 (S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya)

Email: wena_23979@yahoo.com

Abstrak

KRPL merupakan optimalisasi pemanfaatan pekarangan  yang dilakukan melalui upaya pemberdayaan wanita, untuk mengoptimalkan manfaat pekarangan sebagai sumber pangan keluarga melalui kegiatan budidaya tanaman dan ternak unggas atau ikan. Desa Mojokrapak di Kabupaten Jombang merupakan salah satu desa sasaran program KRPL yang telah memperoleh berbagai penghargaan baik nasional maupun lokal, serta telah menjadi daerah percontohan. Namun, disisi lain masih dijumpai permasalahan yang dapat menghambat tujuan program ini. Berdasarkan hal inilah perlu dideskripsikan evaluasi pelaksanaan program KRPL di Desa Mojokrapak ,Tembelang, Jombang. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan lokasi sasaran program di Desa Mojokrapak dengan sasaran kelompok Mojokrapak Berseri telah memenuhi kriteria ketepatan. Namun, dalam pelaksanaan program KRPL di Desa Mojokrapak ini belum memenuhi kriteria efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, dan responsivitas. Oleh karena itu saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya dana hibah diberikan berupa uang karena kelompok sasaran telah memiliki kepengurusan yang jelas, tetapi harus diimbangi dengan adanya kontrol dan pelaporan keuangan secara rutin dan berkala kepada dinas terkait. Pendampingan seharusnya diberikan sampai tahap pendampingan, dan seharusnya ada kerja sama dengan media dalam menyiarkan perkembangan pelaksanaan program KRPL untuk memotivasi masyarakat.

Kata Kunci : Evaluasi, Pelaksanaan Program, KRPL

Published
2016-05-18
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 239