Strategi Peningkatan Pelayanan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Kepolisian Resor Kabupaten Sidoarjo

  • BOY EKI MAULANA ALBASITH

Abstract

Abstrak

Pelayanan publik merupakan segala bentuk jasa pelayanan yang menjadi tanggungjawab pemerintah dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan publik sangat diperlukan sebagai cermin dari kinerja, dan tanggung jawab pemerintah sebagai penyedia layanan. SPKT Polres Sidoarjo selaku penyedia pelayanan kepolisian secara terpadu perlu menerapkan strategi pelayanan agar harapan dan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dan juga angka pengaduan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian dapat berkurang dan jumlah angka kejahatan di Kabupaten Sidoarjo dapat berkurang juga. Berdasarkan penjelasan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi peningkatan pelayanan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Kepolisian Resor Kabupaten Sidoarjo.  Hasil penelitian menunjukan bahwa SPKT Polres Sidoarjo telah menerapkan strategi peningkatan kualitas pelayanan publik menurut konsep David Osborne, dengan menerapkan kelima indikator strategi yang meliputi strategi inti (adanya arahan kebijakan Kepala SPKT), strategi konsekuensi (adanya sistem punish and reward), strategi pelanggan (adanya pelayanan mobil keliling SPKT, tempat pelayanan yang nyaman), strategi pengawasan (adanya pengawasan kinerja kepolisian oleh pihak Internal maupun Eksternal kepolisian), dan strategi budaya (adanya budaya 3S, Senyum, Sapa, dan Salam serta semua anggota wajib bersikap ramah) dengan tujuan agar pelayanan kepolisian terpadu yang diberikan dapat memberikan manfaat dan kepuasan bagi warga di Kabupaten Sidoarjo sehingga jumlah angka pengaduan masyarakat terhadap institusi kepolisian yang dinilai kurang maksimal dalam memberikan pelayanan publik dapat menurun dan jumlah angka kejahatan tindak pidana di Jawa Timur terutama di Kabupaten Sidoarjo juga dapat menurun. Dengan penerapan strategi tersebut, pelayanan yang diberikan oleh SPKT Polres Sidoarjo telah mengalami peningkatan kualitas pelayanan ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini, SPKT Polres Sidoarjo diharapkan tetap senantiasa untuk melakukan inovasi layanan serta meningkatkan standar pelayanan yang diberikan.

Kata Kunci : Strategi Pelayanan, Pelayanan Publik, dan Kualitas Pelayanan.

Published
2016-06-30
Section
Articles
Abstract Views: 249
PDF Downloads: 1026