PELAYANAN WALK THRU DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITASPEMBAYARAN PAJAK DI KANTOR BERSAMA SAMSAT MOJOKERTO

  • RENTY YUNIAR SAPUTRI

Abstract

Abstrak

Inovasi pelayanan Walk Thru merupakan salah satu terobosan dari Samsat Mojokerto. Dalam halpemungutan pajak kendaraan bermotor, peran kantor Samsat (Sistem Manunggal Satu Atap) sangat pentingkarena merupakan unit pelayanan publik dalam menyelenggarakan registrasi dan identifikasi kendaraanbermotor. Alasan pelayanan Walk Thru diterapkan di Mojokerto karena jumlah penduduk yang semakinmeningkat dari tahun ke tahun diiringi dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelayanan Walk Thru Dalam Rangka Meningkatkan KualitasPembayaran Pajak di Kantor Bersama Samsat Mojokerto.Metode penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalahdengan pengumpulan data kemudian digolongkan dan ditarik kesimpulan hingga dapat disajikan kepada semuayang berkepentingan.Hasil penelitian ini bahwa pelayanan Walk Thru sudah cukup baik karena pelayanan Walk Thru inimemiliki unsur-unsur yang sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RepublikIndonesia (KEPMENPAN No.63 Tahun 2003) tentang pedoman kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.Dari segi kesederhanaan, Wajib Pajak tidak harus membawa kendaraan yang akan dibayar pajaknya, hanyamembawa persyaratan yaitu STNK dan identitas sesuai dengan STNK. Dari segi kejelasan dan kepastianpersyaratan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Walk Thru sudah jelas karena telah dipasang papaninformasi. Mengenai kepastian pembayaran pajak setiap tahun jumlah pembayaran pajak yang harus dibayartetap terkecuali yang mendapatkan denda. Dari segi ketepatan waktu, proses pelayanan pembayaran pajakkendaraan bermotor melalui Walk Thru sudah dilaksanakan dengan tepat waktu, tidak melebihi standar yangtelah ditentukan yaitu 5 menit. Dari segi akurasi Wajib Pajak sudah menerima dengan baik program Walk Thruterbukti dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Walk Thru dari hari ke hari yang semakinmeningkat. Dari segi keamanan di Kantor Bersama Samsat Mojokerto sudah tersedia tenaga keamanan. Darisegi tanggung jawab petugas memberikan arahan terhadap masyarakat (Wajib Pajak) yang merasa kebingunganatau mengalami masalah. Dari segi kelengkapan sarana prasarana Program Walk Thru sudah dilengkapi denganfasilitas yang memadai. Dari segi kemudahan akses lokasi pelayanan Walk Thru saat ini berada di belakanggedung Samsat Induk, dekat dengan parkiran. Dari segi kedisiplinan, sopan, dan ramah petugas Samsat selaluberusaha menunjukkan sikap disiplin, sopan dan santun, ramah, serta memberikan pelayanan dengan ikhlastanpa membeda-bedakan status orang. Dari segi kenyamanan pihak Samsat berusaha untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan teratur, menciptakan lingkungan yang indah agar dapat memberikan pelayanan yangberkualitas dan dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai Wajib Pajak. Secara keseluruhan sudah cukup baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih ada beberapa kekurangan yang perlu dibenahi lagi agar pelayanan Walk Thru menjadi lebih maksimal.

Kata Kunci : Pelayanan Publik, Walk Thru.

Published
2016-07-21
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 107