PERAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR SURYA DALAM MENGEMBANGKAN PASAR TRADISIONAL DI SURABAYA MELALUI OPTIMALISASI LAYANAN (STUDI PADA PASAR PUCANG ANOM SURABAYA)

  • WILDIAH MUFIDAH

Abstract

Abstrak

Otonomi daerah merupakan fenomena politis yang sangat dibutuhkan dalam era globalisasi dengan melihat tantangan masa depan memasuki era perdagangan bebas yang ditandai dengan tumbuhnya berbagai bentuk kerjasama regional, perubahan pola atau system informasi global. Tujuannya untuk mengembangkan daerah dalam berbagai bidang, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan menumbuhkan kemandirian daerah. Dalam hal ini diwujudkan melalui pengembangan pasar tradisional yang ada di Surabaya dengan cara ditetapkannya peraturan tentang perlindungan, pemberdayaan pasar tradisional dan penataan pasar modern dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No.3 Tahun 2008. Pengelolan pasar tradisional di Surabaya dilakukan oleh Perusahaan Daerah Pasar Surya yang dilakukan melalui pengoptimalan layanan terhadap pedagang maupun pembeli. Alasannya adalah supaya pasar tradisional dapat bertahan dalam menghadapi banyaknya pasar modern yang bermunculan sehingga mengurangi jumlah peminat pada pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Perusahaan Daerah Pasar Surya dalam mengembangkan pasar tradisional di Surabaya melalui optimalisasi layanan di Pasar Pucang Anom Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Satuan Penelitian dan Pengembangan di Perusahaan Daerah Pasar Surya, Kepala Unit Pasar Pucang Anom Surabaya dan pedagang di Pasar Pucang Anom Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Daerah Pasar Surya telah melakukan perannya dengan baik terutama dalam memberikan pelayanan kepada pedagang. Hal tersebut dapat terwujud dari baiknya layanan fasilitas perdagangan, layanan kemudahan pembayaran kios/lapak dan retribusi, layanan kebersihan pasar, layanan keamanan, layanan parkir, layanan toilet, layanan space iklan, layanan fasilitas perbankan dan juga layanan bongkar muat. Namun dalam pemberian layanan tersebut, terdapat beberapa kendala yaitu pada kurang luasnya area parkir dan bongkar muat yang disediakan, kurangnya kesadaran pedagang terhadap kebersihan pasar sehingga masih banyak pedagang yang membuang sampah sembarangan. Untuk itu, Perusahaan Daerah Pasar Surya sebaiknya melakukan pengamatan secara langsung supaya mengetahui apa saja aspirasi yang diinginkan oleh para pedagang.

Kata Kunci: Perusahaan, Optimalisasi, Layanan

Published
2016-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 285