EFEKTIVITAS LAYANAN ANJUNGAN TRANSAKSI MESIN (ATM) SAMSAT JAWA TIMUR DI DINAS PENDAPATAN PROVINSI JAWA TIMUR

  • MIFTA HUSNA ZSAZSANING AYU

Abstract

Abstrak


ATM Samsat Jatim merupakan inovasi terbaru yang diselenggarakan pada tahun 2013 hingga sekarang, ATM Samsat ini adalah mesin pelayanan yang memanfaatkan media Smart Card yang digunakan Wajib Pajak Jawa Timur untuk melakukan transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), dan Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan yang bekerja sama dengan perbankan secara online dan terintegrasi. Kartu (Smart Card) NPWPD-KB (Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah-Kendaraan Bermotor) adalah kartu yang diberikan oleh Kantor Bersama Samsat kepada Wajib Pajak guna mempercepat proses dan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan serta pengesahan STNK 1 tahunan secara aman, online, dan terintegrasi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuatitatif. Lokasi penelitian di Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur dengan fokus penelitian terhadap efektivitas ATM Samsat di Kantor Bersama Samsat Manyar Surabaya Timur. Penelitian ini  menggunakan KEMENPAN No. 63 Tahun 2003 Tentang Standar Pelayanan Publik. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data melalui angket/kuisioner,observasi langsung, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui bahwa efektivitas ATM Samsat jatim di Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur memiliki nilai presentase variabel efektivitas adalah sebesar 72,2 %. Hal tersebut termasuk di dalam kelas interval 65 % - 82% dengan katagori efektif.
Kata kunci : ATM Samsat Jatim, Efektivitas, Wajib Pajak

Published
2016-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 126