Manajemen Strategi Pengembangan Program Rapor Online Dinas Pendidikan Kota Surabaya

  • GAUFARI WIDAYANTO PP

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembangunan pendidikan tentunya akan berefek pada pembangunan sumber daya manusia dalam suatu bangsa. Sejalan dengan hal tersebut, Dinas Pendidikan Kota Surabaya memberikan inovasi pelayanan dalam bidang pendidikan guna memajukan pembangunan pendidikan di Indonesia dengan membuat program rapor online. Dalam penerapannya sampai saat ini, terdapat kelebihan juga kelemahan terkait dengan penerapan program rapor online. Oleh karena itu, diperlukan suatu manajemen strategi guna mengembangkan program rapor online dalam membangun pendidikan dari segi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis bagaimanakah manajemen strategi yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya dalam mengembangkan program rapor online. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini menggunakan teori empat elemen dasar milik David Hunger dan Thomas L. Wheelen yakni analisis lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi serta pengendalian dengan teknik snowball sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan Kota Surabaya merumuskan dan menerapkan strategi sosialiasi dan pelatihan, penambahan bandwidth dan penstabilan server, pembagian server utama menjadi 3 server kunci berdasar jenjang pendidikan, serta penambahan insentif sebagai upaya pengembangan program rapor online yang diperoleh melalui analisis lingkungan eksternal dan internal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Penerapan strategi tersebut berdampak positif terutama untuk para guru sekolah di Surabaya sebagai pengguna utama dari layanan rapor online. Kendala dari strategi tersebut hanya hadir pada penerapan strategi pembagian server utama menjadi tiga server jenjang pendidikan dan dari guru yang tidak pernah dilibatkan dalam proses evaluasi dari penerapan strategi pengembangan rapor online.

Kata Kunci : Manajemen Strategi, Rapor Online, Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Published
2016-08-23
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 82