Efektivitas Layanan Perizinan Online Surabaya Single Window di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya

  • FERDIAN PASKAL RAMADHAN

Abstract

Abstrak

Kebutuhan masyarakat yang kompleks menuntut adanya pelayanan publik yang baik, perlu adanya keseriusan penyelenggara pelayanan publik untuk mewujudkan pelayanan yang baik. Oleh sebab itu pemerintah Kota Surabaya menghadirkan Surabaya Single Window atau yang biasa disebut SSW merupakan program layanan perizinan online yang ada dibawah naungan Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya yang resmi dirilis pada tahun 2013. Adanya Surabaya Single Window bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah layanan perizinan di Kota Surabaya, karena selama ini pelayanan perizinan di Kota Surabaya banyak dikeluhkan oleh warga Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis efektivitas layanan perizinan online Surabaya Single Window di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah masyarakat yang memanfaatkan layanan Surabaya Single Window dengan menggunakan teknik pengumpulan data Sampling Insidental. Sedangkan indikator yang digunakan adalah teori pengukuran efektivitas oleh Budiani.
Hasil penelitian efektivitas layanan Surabaya Single Window dinyatakan sangat efektif. Persentase akhir yang diperoleh sebesar 87,02% jika dilakukan klasifikasi ke nilai interval maka akan masuk pada nilai 81%-100% atau dapat dinyatakan sangat efektif.
Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) layanan full online untuk semua jenis perizinan; 2) menanggapi semua keluhan masyarakat dan disertai memberikan pemecahan masalah atau solusi yang terbaik; 3) memberikan sarana yang representatif supaya tidak ada lagi masalah seperti server yang mengalami gangguan.  
Kata kunci: Efektivitas, Pelayanan, Surabaya Single Window

Published
2016-08-25
Section
Articles
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 614