INOVASI LAYANAN INFORMASI PERKARA GERBANG PESAN SINGKAT (GPS) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PENGADILAN AGAMA MOJOKERTO

  • ATIKA NUR FADILLA

Abstract

ABSTRAK

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di bidang layanan informasi, Pengadilan Agama Mojokerto membuat layanan informasi perkara Gerbang Pesan Singkat (GPS). Gerbang Pesan Singkat (GPS) adalah layanan informasi perkara yang memberikan informasi seperti jadwal sidang, penetapan/ putusan, akta cerai, dll yang dikirim secara otomatis kepada pihak berperkara tanpa diminta terlebih dahulu. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan inovasi layanan informasi perkara GPS di Pengadilan Agama Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis pada penelitian ini adalah Faktor Keberhasilan Inovasi yang terdiri dari 5 dimensi yaitu Leadership (Kepemimpinan), Management/ Organization (Managemen/ Organisasi), Risk Management (manajemen Resiko), Human Capital (Kemampuan Sumber Daya Manusia) dan Technology (Teknologi). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Wawancara dilakukan pada panitera dan staf IT di Pengadilan Agama Mojokerto serta kepada pihak berperkara terkait inovasi layanan informasi GPS. Hasil penelitian membuktikan bahwa inovasi layanan informasi GPS di Pengadilan Agama Mojokerto sudah cukup baik. Faktor kepemimpinan sudah menjalankan peran dan tanggung jawabnya dengan baik sehingga terciptanya inovasi GPS. Faktor manajemen juga ditunjukkan melalui strategi sosialisasi dan kerja sama dengan pihak luar. Faktor manajemen resiko juga ditunjukan dengan adanya perbaikan jaringan oleh Pengadilan Agama Mojokerto. Faktor kemampuan sumber daya manusia juga ditunjukkan melalui kemampuan pegawai dalam menguasai aplikasi pengembangan layanan GPS. Dan yang terakhir faktor teknologi juga ditunjukkan melalui penggunaan aplikasi SIADPA PLUS dalam pengembangan inovasi layanan GPS.
Kata Kunci: inovasi, pelayanan publik, Gerbang Pesan Singkat.

Published
2016-08-31
Section
Articles
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 2426