Pelayanan Prima Di Polisi Resort Kota Besar (POLRESTABES) SAMSAT COLOMBO Kota Surabaya (StudiTentang Program Pelayanan SIM Online)

  • RAMADHAN CAHYANDIKA PERDANA

Abstract

Abstrak

Undang – Undang Dasar 1945 telah mengamanatkan bahwa Negara wajib melayani setiap warga Negara dan penduduk untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka pelayanan umum dan meningkatkan kesejateraan masyarakat. Penyelenggara pelayanan publik  yang  dilaksanakan oleh aparatur pemerintah dalam berbagai sector pelayanan terutama   yang  menyangkut pemenuhan hak - hak sipil dan kebutuhan dasar masyarakat,  kinerjanya masih belum seperti yang diharapkan. Hambatan- hambatan yang dialami petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan SIM Online menurut petugas POKJA registra selaku Unit Pembaruan SIM online Polrestabes Kota Surabaya sertapetugas POKJA identifikasi selaku staff Surat Ijin Mengemudi (SIM) online Polrestabes Surabaya, Kota Surabaya Hambatan dalam pelaksanaan dilapangan dirasakan petugas dan masyarakat yang hendak melakukan pembaruan SIM di SATPAS Colombo, Kota Surabaya dapat dilihat dari fasilitas yang kurang di ruangan praktek teori dan di ruangan identifikasi dalam pelayanan SIM online. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Satuan Penyelenggara Administrasi (SATPAS) Colombo, Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan Indikator empat prinsip- prinsip pelayanan prima: 1) factor sikap (attitude), 2) factor perhatian (attention), 3) factor tindakan (action), dan 4) factor antisipasi (anticipation). Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan prima pada program SIM online pelayanan administrasi perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (SATPAS) Colombo, Kota Surabaya yang sudah penulis paparkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh petugas Satuan Penyelenggara Administrasi (SATPAS) Colombo Kota Surabaya dapat dikatakan sudah baik dilihat dari empat prinsip- prinsip pelayanan prima yang terdiri dari: factor sikap (attitude), factor perhatian (attention), factor tindakan (action), dan factor antisipasi (anticipation).

Kata kunci: Pelayanan, Pelayanan Prima, SIM Online

Published
2017-01-11
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 164