INOVASI LAYANAN ADMINISTRASI 30 DETIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR DESA PANGKAHKULON KECAMATAN UJUNPANGKAH KABUPATEN GRESIK

  • Citra Ayu Foni Andiyana

Abstract

INOVASI LAYANAN ADMINISTRASI 30 DETIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR DESA PANGKAHKULON KECAMATAN UJUNPANGKAH KABUPATEN GRESIK

Citra Ayu Foni Andiyana

13040674005 (S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH, UNESA) citrafoni@gmail.com

Dra. Meirinawati, M.AP

0021056804 (Ilmu Administrasi Negara, FISH, UNESA) meirinawati91@yahoo.co.id

Abstrak

Sebagai instansi penyelenggara pelayanan publik di tingkat desa, Kantor Pemerintahan Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik dalam upaya mewujudkan pelayanan yang berkualitas, berupaya memberikan respon terhadap kebutuhan dan keluhan masyarakat dengan membuat Inovasi Layanan Administrasi 30 Detik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan inovasi serta kendala apa saja yang terdapat pada Inovasi Layanan Administrasi 30 Detik untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik.

     Berdasarkan teori atribut inovasi menurut Rogers dalam Suwarno (2008: 17), yang terdiri dari relative advantage, compatibility, complexity, triability, observability, serta mendeskripsikan kendala-kendala yang dapat menghambat dalam pelaksanaan Inovasi Layanan Administrasi 30 Detik di Kantor Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Inovasi Layanan Administrasi 30 Detik dari atribut inovasi menurut Rogers dalam Suwarno (2008: 17) yaitu 1) Relative Advantage, inovasi ini memiliki keunggulan dibanding dengan sebelum adanya inovasi, seperti waktu pelayanan yang cepat dan singkat. 2) Compatibility, sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan dari masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan yang cepat. 3) Complexity, mekanisme dan prosedur proses penyelesaian surat-surat melalui inovasi ini tidak terdapat kerumitan dan dapat dengan mudah dimengerti oleh masyarakat. 4) Triability, pada inovasi ini yang awalnya dari tahap uji coba lalu mendapat respon positif dari masyarakat sehingga inovasi yang awalnya menggunakan word dan excel ini dikembangkan lagi menjadi lebih cepat melalui localhost dengan sistem database. 5) Observability, dalam inovasi ini dapat dikatakan mudah diamati dan sudah berjalan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Namun terdapat beberapa kendala yaitu Sumber Daya Manusia terkait kurangnya pemahaman tentang aplikasi inovasi. Kendala berikutnya yaitu sumber dana, dimana inovasi ini tidak mendapat dukungan dana dari desa tetapi dari swadaya masyarakat, pinjaman dan sumbangan sukarela. Serta terdapat kendala lain terkait sarana prasarana.

Kata Kunci: Inovasi, Layanan Administrasi 30 Detik

Published
2017-01-11
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 957