Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Surya Sejahtera Di Desa Kedungturi Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

  • ROSYIDATUL ILMIYAH

Abstract

Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Surya Sejahtera Di Desa Kedungturi Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

Rosyidatul Ilmiyah

13040674066 (S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH, UNESA) email: ilmiyahr95@gmail.com

Indah Prabawati

 0029077404 (S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH, UNESA) e-mail: prabawatiindah@yahoo.co.id

Abstrak

Pembangunan desa sangat berkaitan erat dengan masalah sosial, ekonomi, keamanan dalam negeri, pertahanan politik dan ketertiban. Salah satu bentuk pembangunan di bidang ekonomi yaitu adanya pembentukan dan pembangunan BUMDesa. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2015, mendorong desa-desa di Sidoarjo untuk membentuk BUMDesa. BUMDesa yang dinilai berhasil yaitu BUMDesa Surya Sejahtera Desa Kedungturi Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo yang telah berdiri sejak tahun 2014.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan BUMDesa Surya Sejahtera di Desa Kedungturi Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu Kepala Desa Kedungturi, Kepala BUMDesa Surya Sejahtera, Kepala UED-SP Sumber Rejeki, Kepala UEP-SR Toko Sembako dan anggota BUMDesa Surya Sejahtera. Data dikumupulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan BUMDesa Surya Sejahtera telah dilaksanakan., yaitu Ukuran dan tujuan dari BUMDesa Surya Sejahtera telah dilaksanakan oleh pengelola BUMDesa Surya Sejahtera. Hal ini dapat dilihat dari terbentuknya dua unit usaha yaitu UED-SP Sumber Rejeki dan UEP-SR Toko Sembako. Hambatan dalam mencapai tujuan juga dialami BUMDesa tetapi seperti adanya mitra kerja yang sudah ada (BRI, BPR, Koperasi atau agen beras) dan tidak adanya penyediaan transportasi untuk UEP-SR Toko Sembako. Sumberdaya finansial yang dimiliki BUMDesa Surya Sejahtera telah mencukupi untuk mendorong proses implementasi kebijakan BUMDesa Surya Sejahtera. Sementara itu sumberdaya manusia dan waktu masih kurang, terutama dalam implementasi UEP-SR Toko Sembako. Para pengelola BUMDesa Surya Sejahtera harus mempunyai karakteristik jujur, aktif, terampil, berdedikasi serta keikhlasan. Karakteristik tersebut telah dimiliki oleh para pengelola BUMDesa Surya Sejahtera. Pengelola BUMDesa Surya Sejahtera mendukung terhadap implementasi  BUMDesa Surya Sejahtera. Komunikasi antara pengelola BUMDesa Surya Sejahtera dilakukan setiap hari melalui telepon, rapat pengelola yang dilakukan setiap bulannya dan rapat anggota tahunan dengan masyarakat. Faktor lingkungan sosial, ekonomi dan politik memberikan pengaruh terhadap proses implementasi kebijakan BUMDesa Surya Sejahtera. Pengelola BUMDesa Surya Sejahtera berupaya meminimalisir dan menyesuaikan pengaruh yang berasal dari lingkungan sosial, ekonomi dan politik.

Saran yang dapat diajukan yaitu melakukan kerjasama dengan mitra kerja yang sudah ada, penyediaan transportasi untuk UEP-SR Toko Sembako, penambahan pengelola bagi UEP-SR Toko dan menentukan jam operasional UEP-SR Toko Sembako.

Kata Kunci: Implementasi kebijakan, BUMDesa.

Published
2017-01-11
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 165