MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN TAMAN REMAJA SURABAYA SEBAGAI DESTINASI WISATA KOTA SURABAYA

  • AJENG TANWINDA

Abstract

Abstrak

Pemerintah Kota Surabaya memiliki program pengembangan destinasi wisata untuk meningkatkan potensi pariwisata dan jumlah wisatawan. Taman Remaja Surabaya merupakan salah satu destinasi wisata Kota Surabaya yang berdiri tahun 1971. Pemerintah memiliki rencana penutupan Taman Remaja Surabaya yang disebabkan oleh kurangnya pengembangan Taman Remaja Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen strategi pengembangan Taman Remaja Surabaya sebagai destinasi wisata Kota Surabaya. Fokus penelitian menggunakan proses manajemen strategi menurut J. David Hunger and Thomas Wheelen, yaitu pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi dan pengendalian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengamatan lingkungan Taman Remaja Surabaya menunjukkan bahwa kekuatan Taman Remaja Surabaya adalah sumber daya anggaran, sumber daya manusia serta potensi Taman Remaja Surabaya yang menyediakan fasilitas pentas seni. Kelemahan Taman Remaja Surabaya berupa kurang memadainya fasilitas parkir. Taman Remaja Surabaya berpeluang untuk menjadi icon pariwisata yang memajukan kebudayaan daerah. Taman Remaja Surabaya memiliki ancaman berupa persaingan dengan obyek wisata lain. Perumusan strategi pengembangan Taman Remaja Surabaya diarahkan untuk meningkatkan daya tarik serta memberikan fasilitas pentas seni. Pengembangan Taman Remaja Surabaya juga melibatkan masyarakat dalam memberikan penampilan kesenian maupun kritik dan saran. Implementasi strategi pengembangan Taman Remaja Surabaya dilakukan dengan promosi serta menambah wahana kecil, perawatan maupun dekorasi. Tahap evaluasi dan pengendalian menunjukkan bahwa pengembangan Taman Remaja Surabaya memiliki kendala berupa perizinan dari pemerintah. Saran yang yang diberikan peneliti adalah meningkatkan fasilitas lahan parkir dan toilet, menjalin kerjasama dengan dewan kesenian, membuat program-program kegiatan yang baru dan menarik bagi masyarakat di berbagai usia dan mengatasi kendala yang menghambat pengembangan Taman Remaja Surabaya, seperti perizinan.

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, TRS

Published
2017-03-15
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 130