PENERAPAN WEBSITE DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT  DESA PULOSARI KECAMATAN BARENG KABUPATEN JOMBANG

  • AIZZATUN NABILAH

Abstract

ABSTRAK

Website desa adalah sebuah media elektronik yang digunakan oleh pemerintah desa sebagai sarana akuntabilitas dan transparansi publik serta promosi wisata desa. Agar sebuah website desa bukan hanya dijadikan sebagai media informasi dan trasparansi publik, pemerintah Desa Pulosari menciptakan sebuah sistem peningkatan pelayanan melalui menu short  massage service (SMS) gateway. Dengan adanya sms gateway tersebut masyarakat yang ingin membuat surat tidak perlu menunggu proses pengetikan surat melainkan bisa mencetak sendiri dirumah surat yang dibutuhkan dan datang ke kantor desa hanya meminta nomor surat dan tanda tangan Kepala Desa. Hal ini menjadi penting diteliti agar inovasi ini dapat diterapkan di seluruh desa di Kabupaten Jombang secara khusus dan seluruh wilayah desa di Indonesia secara umum. Meteode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi dan triangulasi data. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Desa, Sekertaris Desa, Operator Website Desa, Staf Pembangunan Desa dan 4 orang masyarakat Desa Pulosari. Metode analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penerapan website Desa Pulosari sudah baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini yakni transparansi dan akuntabilitas publik, namun kurangnya sosialisasi yang mendalam kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Pulosari mengenai peranan dan fungsi website Desa membuat adanya website desa kurang begitu efektif dalam memberikan pelayanan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi dimana sampai saat ini menu inovasi peningkatan pelayanan melalui website desa masih beberapa orang yang mengaksesnya. Selain itu terdapat beberapa permasalahan dalam indikator teknologi, sumber daya manusia, kelembagaan dan sumber daya keuangan.

Kata Kunci: Website , Pelayanan Masyarakat

Published
2017-03-24
Section
Articles
Abstract Views: 307
PDF Downloads: 410