INOVASI PELAYANAN PUBLIK KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN GRESIK MELALUI RUMAH LAYANAN PERTANAHAN TERPADU DI DESA WOTAN KECAMATAN PANCENG KABUPATEN GRESIK

  • LILIK MAHMUDAH

Abstract

Abstrak

Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik merupakan salah satu instansi pemerintahan non kementerian di Indonesia yang memberikan pelayanan di bidang pertanahan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik melakukan sebuah inovasi pelayanan, salah satunya dengan mendirikan Rumah Layanan Pertanahan Terpadu di Desa Wotan. Inovasi ini dilatarbelakangi jauhnya jarak yang harus ditempuh masyarakat di desa untuk datang ke Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Inovasi Pelayanan Publik Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik melalui Rumah Layanan Pertanahan Terpadu di Desa Wotan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Fokus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu relative advantage, compatibility, complexity, triabilitty, observability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Publik Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik melalui Rumah Layanan Pertanahan Terpadu di Desa Wotan Kecamatan Panceng mampu menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Wotan. Pada atribut relative advantage ditunjukan dimana masyarakat Desa Wotan tidak perlu jauh-jauh ke pusat kota Kabupaten Gresik untuk pendaftaran sertifikat dan pembayaran PBB. Compatibility inovasi- inovasi sebelumnya yang dilakukan Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik dilakukan di kantor, tetapi kali ini di desa. Complexity terkait mekanisme dan prosedur tidak ada kerumitan, justru dalam persyaratan pendaftaran sertifikat dipermudah. Triability inovasi yang dilakukan telah melalui proses uji coba dan setelahnya beberapa kali dilakukan sosialisasi, akan tetapi dalam hal ini pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik kurang proaktif dalam memperkenalkan inovasi ini kepada masyarakat. Observability dalam hal ini inovasi dapat dikatakan mudah diamati dan berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat Desa Wotan.

Kata Kunci: Layanan, Pertanahan Terpadu.

Published
2017-03-31
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 246