IMPLEMENTASI SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) DI SATUAN PENYELENGGARA ADMINISTRASI SIM (SATPAS) COLOMBO SURABAY

  • Indro Nurabdi Rustopo

Abstract

Abstrak

Satpas Colombo Surabaya sebagai penyelenggara pelayanan publik membuat terobosan kreatif mengenai Surat Izin Mengemudi (SIM), yaitu SIM Online. SIM Online dapat mempermudah masyarakat dalam perpanjangan SIM dan pendaftaran baru. Pelayanan SIM Online ditujukan untuk warga Surabaya maupun luar Kota Surabaya. Warga luar Kota Surabaya dapat memperpanjang SIM di Kota Surabaya tanpa harus kembali ke Daerah asalnya. Dalam pelaksanaannya, terdapat kekurangan sosialisasi yang terlihat dari masih adanya masyarakat yang kurang paham mengenai mekanisme SIM Online. Aplikasi yang kaku pada database juga menjadi kekurangan SIM Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Surat Izin Mengemudi (SIM) Online Di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) Colombo Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model implementasi George C. Edward III, yang terdiri dari empat variabel, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan kebijakan SIM Online di Satpas Colombo Surabaya mendapatkan respon yang baik oleh masyarakat dalam pelaksanaan implementasinya, sebagai berikut 1) komunikasi, pihak Satpas Colombo Surabaya sudah melakukan sosialisasi tentang SIM Online kepada masyarakat. 2) sumber daya, masih kurangnya jumlah staff, telah memberikan informasi yang jelas terhadap masyarakat, dalam pelaksanaanya masih saja di jumpai oknum yang memberikan kemudahan, dan mengenai fasilitas peralatan sudah sangat lengkap dan siap menunjang kebijakan SIM Online, namun masih memiliki kendala terhadap jaringan atau koneksi serta kendala yang berupa renovasi gedung 3) disposisi, petugas SIM Online memiliki pemahaman yang tinggi terhadap keluhan masyarakat. 4) struktur birokrasi, bentuk tanggungjawab pelaksana SIM Online di satuan penyelenggara administrasi sim (SATPAS) berdasarkan perkap nomor 9 Tahun 2012 dan SOP SIM Online. Saran yang diajukan yaitu melakukan kerjasama dengan layanan provider untuk menstabilkan jaringan koneksi, menyiapkan ruangan khusus untuk pemohon SIM selama gedung direnovasi serta meningkatkan kualitas aplikasi.

Kata kunci :Implementasi, Mengemudi, Online

Published
2017-04-13
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 316