EFEKTIVITAS ELECTRONIC TOLL (E-TOLL) OLEH PT. JASA MARGA SURABAYA (Studi pada Gerbang Tol Otomatis Surabaya-Gempol)

  • Gita Putri Amalia

Abstract

Abstrak 

Electronic Toll (E-Toll) adalah sebuah program dalam bentuk layanan pembayaran tol secara elektronik yang berupa kartu elektronik digunakan untuk melakukan pembayaran masuk jalan tol di sebagian daerah Indonesia. Penggunaan e-toll hanya dengan menggunakan kartu yang ditempelkan dan selesai dalam waktu 4 detik saja. Kartu e-toll dikeluarkan oleh PT. Jasa Marga yang bekerjasama dengan Bank Mandiri dan di terapkan pada tahun 2009 di ruas jalan tol tertentu. Teknologi yang digunakan E-Toll card adalah RFID (Radio Frequency Identification) dimana transaksi dapat dilakukan jarak jauh (contactless). Dengan layanan ini pelanggan hanya perlu menempel kartu pada mesin reader contactless yang telah di sediakan, Toll card tidak dibutuhkan PIN atau tanda tangan. E-toll dibuat karena kemacetan yang selalu terjadi di gerbang tol dengan tujuan yaitu mempersingkat waktu pembayaran tol sehingga tidak lagi terjadinya antrian panjang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kuantitatif Deskriptif. Kriteria pengukuran efektivitas E-Toll yang digunakan 5 (lima) indikator efektivitas program menurut Sutrisno (2007) yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Penelitian ini mengambil sampel 100 orang dari populasi 3.653.964 berdasarkan teknik purposive sampling teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui kuesioner dan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan e-toll oleh PT. Jasa Marga Surabaya sudah berjalan Efektif, dengan rincian skor pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, perubahan nyata. Saran dari peneliti agar PT. Jasa Marga harus memperluas sosialisasi keseluruh wilayah Surabaya serta mencantumkan prosedur pemakaian ataupun pembuatan dari e-toll itu sendiri di website resmi PT. Jasa Marga.

Kata Kunci: Efektivitas Program, Electronic Toll

Published
2017-04-20
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 462