SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PROGRAM SEHAT DENGAN LAYANAN WELAS ASIH (SELASIH) (Studi Pada Ruang Inap RSUD Dr R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro Kelas B)

  • Arwinda Sholihatun Nisa

Abstract

Abstrak

Program Sehat dengan Layanan Welas Asih (Selasih) merupakan program RSUD Dr R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, yang mana program tersebut bertujuan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pasien dengan memberikan pelayanan yang dilandasi rasa kasih sayang, sehingga dapat mempercepat upaya kesembuhan pasien dan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Rumah Sakit. Program Sehat dengan Layanan Welas Asih telah masuk sebagai 99 TOP inovasi pelayanan publik dari 2.476 inovator yang mengikuti kompetensi inovasi pelayanan publik tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Dalam memberikan pelayanan kesehatan, RSUD Dr R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro dituntut untuk memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat atau pasien agar tercipta pola pelayanan yang baik yang bisa meningkatkan kepuasan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah mengatur aspek penilaian kepuasan itu melalui Survei Kepuasan Masyarakat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesie Nomor 16 Tahun 2014 yang memuat Sembilan aspek penilaian yaitu Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Biaya/Tarif, Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Maklumat Pelayanan dan Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan.Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel 93 orang dan menggunakan teknik Insidental Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisi data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pengolahan data, pengorganisasian data, dan penemuan hasil.Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator persyaratan memperoleh prosentase sebesar 80,21%, prosedur 74,95%, waktu pelayanan 75,70%, biaya/tarif 79,89%, produk spesifikasi jenis pelayanan 78,71%, kompetensi pelaksana 80,32%, perilaku pelaksana 79,66%, maklumat pelayanan  78,28%, penanganan pengaduan, saran dan masukan  sebesar 75,41%. Sehingga diperoleh rata-rata sebesar 78,26% yang menunjukkan bahwa masyarakat puas terhadap pelayanan program Selasih di RSUD Dr R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.  
Kata Kunci :  Survei, Kepuasan, Masyarakat

Published
2017-04-26
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 58