STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS ANGKUTAN PUBLIK MELALUI PROGRAM ANGKUTAN SEKOLAH GRATIS (STUDI DI DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MOJOKERTO)

  • Istina Dwi Purnamasari

Abstract

Abstrak 

Kendaraan menjadi masalah yang tidak bisa dianggap remeh termasuk di Kota Mojokerto. Meningkatnya jumlah kendaraan yang dipengaruhi beberapa faktor , salah satu faktor yang mempengaruhi adalah mudahnya persyaratan kredit atau beli kendaraan bermotor sehingga dapat mengalami kemacetan dan kecelakaan anak sekolah. Berbagai upaya yang telah dilakukan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas pada anak sekolah dan kemacetan. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto membuat program Angkutan Sekolah Gratis yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas pada anak sekolah dan mengurangi beban biaya pendidikan di Kota Mojokerto. Untuk itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan Strategi peningkatan kualitas angkutan publik melalui program Angkutan Sekolah Gratis (ASG) di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang diikuti dengan focus penelitian menggunakan 7 strategi menuju pelayanan sukses yang diungkapkan oleh Devry meliputi : self Esteem, Exceed Expectation, Pembenahan dan penemuan kembali berbagai hal, Vision , Improving , Care Empati, Empowerment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto melakukan serangkaian strategi menuju pelayanan sukses dengan baik. Hal tersebut dapat diketahui dari telah dilaksanakannya strategi Self Esteem melalui dukungan kepala dinas yang ditunjukkan dengan mewujudkan pelayanan terbaik, dan telah diterapkan tugas pelayanan yang menjangkau pada perkembangan dan keberhasilan yang akan datang. Strategi Exceed Expectation melalui telah adanya kemauan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto untuk memenuhi harapan pelajar melalui tugas yang dijalankan sesuai peraturan walikota nomor 13 tahun 2016.  Pembenahan dan penemuan kembali hal yang ditunjukkan dengan senantiasa menganggap kritik dan saran pelajar sebagai masukkan, menyediakan berbagai sarana  sebagai upaya untuk mempermudah pelajar menyampaikan kritik dan saran dan dapat menindak lanjuti masalah yang ada. Vision ditunjukkan dengan pentingnya perencanan terhadap masa depan, dan diikuti dengan tindakan dalam memperlancar pencapaian perencanaan masa depan. Improving ditunjukkan dengan senantiasa tidak ragu untuk  melakukan perubahan menjadi yang lebih baik dalam meningkatkan minat pelajar dengan adanya program. Care Empati diketahui dengan kesigapan para pegawai dan bapak sopir dalam memberikan bantuan pemohon. Dan telah adanya tolak ukur standart pelayanan maupun kepuasan pelajar. Serta strategi empowerment yang ditunjukkan dengan telah dilakukan pemberdayaan dengan turut memberikan dukungan terhadap masukan dari pegawai dengan tujuan untuk membuat pegawai mampu memberikan tanggung jawab terhadap segala kegiatan maupun tugas yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. 

Kata Kunci : Strategi, Pelayanan, Publik.

Published
2017-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 65