KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN UMUM KOTA MADIUN

  • Reno Diyahna Putra

Abstract

Abstrak

Perpustakaan Umum Kota Madiun merupakan salah satu sumber ilmu dan pusat informasi yang mulai dianggap penting keberadaanya. Pemerintah Kota Madiun sebagai pengelola perpustakaan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Akan tetapi dalam perjalananya masih ditemukan beberapa masalah pada pelayanan perpustakaan. Tujuan penelitan ini adalah mengetahui kualitas Perpustakaan Umum Kota Madiun. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus pada penelitian ini adalah kualitas pelayanan Perpustakaan Umum Kota Madiun menggunakan tiga dimensi Library Quality yaitu: Affect of Service, Information Control dan Library as Place. Berdasarkan hasil pemaparan penelitian Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Kota Madiun masih belum dapat memenuhi harapan pemustaka. Hal tersebut berdasarkan temuan di lapangan, dimana pada dimensi affect of service masih banyak keluhan yang dirasakan pemustaka mengenai kemampuan pustakawan dalam memberikan pelayanan. Kemudian pada dimensi information control dinilai masih kurang memuaskan, karena koleksi perpustakaan masih sedikit jumlahnya dan tidak beraneka ragam serta masih belum teraktual. Pada dimensi library as place Perpustakaan Umum Kota Madiun sudah sangat baik, dikarenakan lokasi perpustakaan berada di pusta kota dan mudah diakses oleh pemustaka. Akan tetapi masih ditemukan keluhan pemustaka pada fasilitas perpustakaan, yaitu fasilitas parkir kendaraan dan loker barang. Saran dari peneliti untuk Perpustakaan Umum Kota Madiun adalah diharapkan pustakawan perpustakaan meningkatkan pelayananya terutama pada perhatian dan kehandalan dalam melayani. Perpustakaan Umum Kota Madiun juga harus dapat menambah koleksi perpustakaan dan menyajikan koleksi yang teraktual. Dan yang terakhir diharapkan Perpustakaan Umum Kota Madiun memperbaiki fasilitas pelayanan terutama pada halaman parkir kendaraan dan loker barang, serta penambahan stan pelayanan supaya pelayanan tidak terkendala dengan menumpuknya pemustaka.  
Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, Perpustakaan

Published
2017-05-08
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 94