SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PASIEN PEMEGANG KARTU JOMBANG SEHAT DI PUSKESMAS MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG

  • M ZAINAL ARIFIN

Abstract

Abstrak

Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Sosial Kabupaten Jombang mengeluarkan program jaminan kesehatan berupa Kartu Jombang Sehat (KJS). Kartu Jombang Sehat tidak jauh berbeda dengan kartu kartu jaminan kesehatan yang lain. Secara fungsi, layanan dan alur penggunaannya sama, yang membedakan adalah waktu dan daerah penerbitan kartu. Kartu Jombang Sehat diterbitkan pemerintah Kabupaten Jombang bagi masyarakat Jombang yang tidak mampu dan fakir miskin yang belum terdaftar sebagi peserta Jamkesmas. Prosedur Kartu Jombang Sehat menggunakan sistem rujukan berjenjang dimana peserta KJS harus melalui fasilitas kesehatan tingkat I atau puskesmas untuk berobat. Salah satu Puskesmas yang melayani peserta Kartu Jombang Sehat adalah Puskesmas Mojoagung dimana Puskesmas Mojoagung merupakan Puskesmas terbaik di Kabupaten Jombang. Dari hasil uraian diatas, perlu dilakukan kajian mendalam mengenai pelayanan yang diberikan Puskesmas Mojoagung kepada pasien pemegang Kartu Jombang Sehat. Hal tersebut menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam dengan mengambil judul: Survei Kepuasan Masyarakat Pada Pasien Pemegang Kartu Jombang Sehat di Puskesmas Mojoagung Kabupaten Jombang.Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif – kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel 85 orang dari populasi 547 orang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik kuantitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan pasien pemegang Kartu Jombang Sehat di Puskesmas Mojoagung Kabupaten Jombang  secara garis besar sudah berjalan dengan sangat baik karena perolehan nilai setiap indikator prosedur memperoleh persentase sebesar 55,41%, persyaratan prosedur 66,43%, waktu pelayanan 68,35%, biaya/tarif 68,35%, produk spesifikasi jenis pelayanan 75,53%, kompetensi pelaksana 76,53%, perilaku pelaksana 66,88%, maklumat pelayanan 76%, penanganan pengaduan, saran dan masukan sebesar 66,71%. Peneliti memberikan beberapa saran yaitu Melakukan perbaikan-perbaikan pelayanan terhadap pasien pemegang Kartu Jombang Sehat dengan meningkatkan kualitas pegawai dan petugas dengan pelatihanpelatihan khusus, mensosialisasikan beberapa keterangan-keterangan atas Kartu Jombang sehat kepada Pasien Pemegang Kartu Jombang Sehat, dan di sarankan agar Puskesmas Mojoagung menambah tenaga ahli di Unit Gawat Darurat Puskesmas
Kata Kunci : Survei Kepuasan Masyarakat, Kartu Jombang Sehat

Published
2017-05-09
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 67