IMPLEMENTASI PENERBITAN PASPOR SECARA ONLINE DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TANJUNG PERAK SURABAYA

Authors

  • Jani Ajeng Muzdalifah

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v5n3.p%25p

Abstract

Abstrak

Pelayanan umum yang berkualitas dan bermutu tinggi menjadi perhatian utama dari organisasi publik.Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi telah memberikan sebuah pelayanan.  Salah satunya adalah pelayanan dalam bidang keimigrasian di kantor imigrasi. Kantor Imigrasi merupakan kantor yang bergerak di dalam bidang keimigrasian salah satunya memberikan pelayanan pembuatan paspor keluar negeri bagi masyarakat yang akan pergi keluar negeri. Hasil pengamatan awal, kondisi dilapangan masih di temukan adanya beberapa permasalahan seperti halnya, terlihat antrian pemohon yang terlalu panjang untuk melakukan verifikasi pendaftaran paspor secara online, dikarenakan dalam melakukan verifikasi membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlepas dalam hal itu berdasarkan data statistik pada bulan januari 2017 telah menjadi peningkatan jumlah pemohon paspor secara signifikan. Paspor online sangat membantu masyarakat karena dengan adanya Penerbitan Paspor Online masyarakat tidak melakukan banyak antrian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Pendaftaran Paspor Secara Online di Kantor imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model implementasi kebijakan oleh  George C. Edward III, yang terdiri dari empat variabel yaitu: komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa kebijakan Paspor Online di KantorImigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya mendaptkan respon yang baik oleh masyarakat dalam pelaksanaan implementasinya, sebagai berikut a)komunikasi, pihak kantorimigrasi kelas I tanjung perak surabaya telah memberikan sosialisasi tentang pasporonlinekepada masyarakat.sosialisasi yang dilakukan yaitu berupa banner yang dipaparkan di depan kantor imigrasi b) sumberdaya, masih kurang jumlahnya loket maupun staff yang menangani, telah memberikan informasi yang jelas terhadap masyarakat, dan mengenai fasilitas yang dipeerlukan dalam pelaksanaan paspor online yaitu terdiri dari komputer, barcode scanner, printer, meja, kursi, kamera, fingerprint scanner untuk menunjang kebijakan  Paspor Online, namun masih terdapat kendala terhadap jaringan atau koneksi serta kendala yang berupa kurangnyaloket untuk verifikasi data dan lahan parkir mobil. c) disposisi, petugas Paspor Online memberikan pemahaman kepada masyarakat, apabila masyarakat belum mengetahui tentang paspor online. d) struktur birokrasi, bentuk tanggungjawab pelaksana Paspor Online di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya berdasarkan SOP IMI-GR.01.01-1383 (Penerbitan Paspor Baru 24/48 Halaman Online Dalam Sistem Pelayanan Paspor Terpadu (SPPT). Saran yang dapat diberikan kepada Pihak Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya adalah lebih memberikan sosialisasi sehingga masyarakat dapat mengetahui tenteng penerbitan paspor online. Untuk mengembangkan kinerja pelayanan, pegawai tetap melakukan tugasnya sesuai dengan prosedur dan lebih mengutamakan keluhan masyarakat. Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam penambahan loket dan memperluas lahan parkir.

Kata Kunci : Implementasi, Penerbitan, Paspor Online 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 51