SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM TULUNGAGUNG EMERGENCY MEDICAL SERVICE (TEMS) DI RSUD DR. ISKAK TULUNGAGUNG

  • CHOIR

Abstract

Abstrak

Semakin kompleksnya permasalahan di bidang kesehatan, menyebabkan dibutuhkannya inovasi layanan kesehatan oleh pemerintah daerah. Inovasi layanan tersebut salah satunya adalah program TEMS yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Tulungagung yang murah namun berkualitas dan siap tanggap dalam menangani kejadian yang terjadi di masyarakat sehingga dapat dijangkau semua lapisan masyarakat dan program ini telah dijadikan program percontohan nasional. Namun, prestasi yang telah didapat ini bukan berarti mengindikasikan program ini bebas dari masalah, dikarenakan hasil survei awal, peneliti menemukan adanya indikasi ketidakpuasan sebagian masyarakat. oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian terkait survei kepuasan masyarakat terhadap keberadaan program ini.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara menyebar angket kepada 75 orang responden dari 296 populasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan 9 indikator yang tercantum dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 16 Tahun 2014 antara lain persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan, serta penanganan pengaduan saran dan masukan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat terhadap program TEMS mencapai persentase 71,81% dan masuk dalam interval 61%-80% dengan kategori puas. Adapun rincian kepuasan per indikator antara lain indikator tarif / biaya dengan persentase sebesar 78%, kemudian diikuti oleh indikator perilaku pelaksana dengan persentase sebesar 75,66%, indikator persyaratan dengan persentase sebesar 73%, indikator produk spesifikasi jenis pelayanan sebesar 72,33%, indikator kompetensi pelaksana sebesar 72,16%, indikator waktu pelayanan sebesar 70,66%, indikator maklumat pelayanan sebesar 70,5%, indikator prosedur sebesar 68,33%, dan indikator terendah yakni penanganan pengaduan saran dan masukan dengan persentase sebesar 65,16%.

Kata kunci : Survei kepuasan masyarakat, TEMS.

Published
2017-11-27
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 19