KUALITAS PELAYANAN PUBLIK SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DI DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KOTA SURABAYA

  • FARINA AINUR RAKHMA

Abstract

Abstrak

SIUP yaitu surat izin untuk bisa melaksanakan usaha perdagangan dan perindustrian  yang berfungsi sebagai alat atau bukti pengesahan dari usaha yang dilakukan. Surat izin usaha dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah dan dibutuhkan oleh pelaku usaha perseorangan maupun pelaku usaha yang telah berbadan hukum.

Sementara ini dikarenakan SIUP jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan wajib SIUP yang berada diruangan layanan yang lain. Jumlah SIUP yang jauh lebih banyak tersebut tidak diimbangi dengan jumlah teknologi yang tidak memadai, sehingga terjadi ketimpangan dan akibatnya SIUP harus mengantri untuk memperoleh layanan. Permasalahan tersebut jika tidak diatasi akan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak Disperidagin Kota Surabaya kepada SIUP. Tujuan penelitian ini untuk mengukur sejauhmana kualitas pelayanan SIUP di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya difokuskan kepada SIUP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. berfokus pada lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu : Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati). Sementara itu pengambilan sampel seluruh wajib SIUP yang berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik accidentl sampling. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dokumentasi. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator lima (5) dimensi yang memiliki prosentase sangat baik Jaminan (Assurance) sebesar 5,319%, diikuti dengan Bukti Fisik (Tangible) sebesar 0,051%, Keandalan (Reliability) sebesar 5,077%. Empati (Empathy) sebesar 39,55% dan Tanggap (Responsiveness) sebesar 5,001%. Sesuai dengan skor total rasio seluruh indikator dengan prosentase rata-rata kriteria kualitas pelayanan sebesar ini sebesar 0,197%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rasio antara prsepsi dan harapan wajib SIUP memiliki interval pada 0,8-0,99 dan 1-1>-1, maka wajib SIUP kualitas pelayanan sangat baik.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, SIUP, Disperidagin

Published
2017-12-20
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 88