SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN  SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) ONLINE DI POLRESTA SIDOARJO

  • KHUSNUL FAUZIYAH

Abstract

Abstrak  


Program Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Online merupakan program internal dari Polresta Sidoarjo yang berada di bidang Satuan Inteljen dan Keamanan (SATINTELKAM) yang berdasarkan pada Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisisan,  program tersebut berbasis teknologi. Adanya program SKCK Online ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pembuatan SKCK, sehingga mempersingkat waktu. Dalam memberikan pelayanan yang bersifat keamanan dan pelayanan kepada masyarakat, Polresta Sidoarjo dituntut untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat agar tercipta pelayanan yang baik, dan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan SKCK Online yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat dalam Penyelanggaraan Pelayanan Publik.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel 96 orang dari populasi 2161 orang dan menggunakan teknik Insidental Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu pengolahan data, pengorganisasian data, dan penemuan hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persyaratan memperoleh prosentase sebesar 83,75%, prosedur pelayanan 83%, waktu pelayanan 82%, biaya/tarif 81,87%, produk spesifikasi jenis pelayanan 83,13%, kompetensi pelaksana 81,87%, perilaku pelaksana 82,03% maklumat pelayanan 81,25% penanganan pengaduan saran dan masukan 81,04%. Ada tiga indikator yang dinyatakan sangat puas yakni indikator persyaratan, prosedur dan produk spsifikasi jenis pelayanan, serta enam indikator dinyatakan puas. Secara keseluruhan kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Online di Polresta Sidoarjo memperoleh prosentase sebesar 82,11% yang masuk dalam kategori “Puas”.                      
 Kata kunci: SKCK Online, Survei Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik

Published
2018-01-04
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 940