INOVASI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN  PADA SISTEM UJI KIR (STUDI PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SIDOARJO)

  • PRATIWI DWI AGESTI

Abstract

Abstrak

Tuntutan masyarakat yang semakin cerdas dalam menilai pelayanan publik  mendorong pemerintah untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Seperti permasalahan banyaknya praktik percaloan dan pungli yang dilakukan oknum pegawai di Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo untuk itu dibuat program inovasi dengan berbasis sistem dan komputerisasi. Penelitian yang dilakukan di Dinas Perghubungan Kabupaten Sidoarjo ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian menggunakan teori inovasi manfaat teknologi informasi dan komunikasi Richard Heeks (2001:19). Penentuan informan menggunakan metode key informant yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan dalam manfaat pada tingkat pengelolaan tidak ada perbedaan dalam hal biaya karena sudah ketetapan dari pemerintah kemudian kurangnya sosialisasi dari pihak Dishub Sidoarjo. Hal  ini dibuktikan dengan hasil wawancara peneliti dengan peserta uji kir. Kemudian dalam manfaat pada tingkat proses cukup maksimal dalam melaksanakan program inovasi peningkatan kualitas pelayanan pada sistem uji kir. Hal ini dibuktikan dengan perubahan pegawai dan peseta uji kir yang lebih baik sehingga program ini bisa tercapai sesuai misi Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo. Demi tercapainya tujuan utama program inovasi peningkatan kualitas pelayanan pada sistem uji kir yang mampu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada masyarakat, maka berdasarkan hasil penelitian peneliti selama tiga bulan ini peneliti menyarankan bahwa perlu adanya sosialisasi yang lebih lanjut kepada masyarakat luas mengenai adanya program inovasi peningkatan kualitas pelayanan sistem uji kir di Dishub Sidoarjo, menyediakan K3 Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang cukup baik karena di tempat pengujian kir banyak asap kendaraan membuat kesehatan petugas layak mendapat jaminan kesehatan khusus, rutin maintenance atau pemeliharaan serta perawatan mesin dan server yang digunakan untuk mencatat hasil uji kir secara berkala agar tidak terjadi trouble mendadak yang membuat pengujian menjadi ternganggu atau terhambat, dan membuat nama inovasi sebagai branding agar masyarakat lebih tertarik dan mudah diingat.

Kata Kunci: Inovasi, Uji Kir.

Published
2018-01-08
Section
Articles
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 157