STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN WISATA TELAGA SEWU DI DESA DUREN SEWU KECAMATAN PANDAAN AKBUPATEN PASURUAN

  • FITRIATUS SHOLICHAH

Abstract

Abstrak


Pemerintah telah berusaha untuk melakukan pengembangan disektor pariwisata dengan mebuat rencana dan strategi berupa pengembangan objek-objek wisata yang ada daya tarik utama bagi wisatawan. Salah satu contoh pengembangan pada sektor pariwisata yang memberikan dampak besar bagi kesejahteraan masyarakatnya adalah Wisata Telaga Sewu di Desa Duren Sewu Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Persoalan yang terjadi di Wisata Telaga Sewu yaitu akses jalan yang rusak dan bergeronjal serta tampilan depan wisata yang kurang menarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dalam mengembangkan Wisata Telaga Sewu di Desa Duren Sewu Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitiannya menggunakan teori tentang strategi pengembnagan pariwisata menurut Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor PM.35/UM.001/MPEK/2012 yang meliputi strategi sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif, strategi sumber daya manusia, strategi investasi, dan strategi pengelolahan lingkungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, study kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam mengembangkan wisata Telaga Sewu di Desa Duren Sewu Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan dilakukan dengan 4 indikator yaitu pertama strategi sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif dengan mengembangkan pedagang di tempat wisata Telaga Sewu, penyediaan fasilitas sarana dan prasarana bagi pengunjung yang sudah lengkap. Kedua strategi sumber daya manusia dengan memberdayakan masyarakat Desa Duren Sewu sendiri, adanya pelatih serta kualifiksi dan persyaratan khusus yang diberikan. Ketiga strategi investasi tersedianya telekomunikasi listrik yang disediakan oleh pihak sponsor, memberikan pelayanan dan iklim yang kondusif bagi pihak sponsors dan provider. Keempat strategi pengelolahan lingkungan yang ramah dan hemat energy dengan penggunaan air kolam yang asli dari telaga tanpa bahan kaporit, melindungi pohon-pohon sebagai sumber resapan, serta selalu menjaga kebersihan disekitar lingkungan wisata dengan menempatkan cukup banyak personil tim kebersihan serta tersedianya bak-bak sampah.  
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Pariwisata

Published
2018-01-08
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 207