MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM LAYANAN INTERNET ANAK-ANAK DESA TEPIAN HUTAN (LITERASI HUTAN) DI KECAMATAN KARE OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN MADIUN

  • NANANG KHOIRUDDIN

Abstract

Abstrak  

Seiring dengan perkembangan zaman, sumber daya manusia dituntut untuk menguasai teknologi dan informasi khususnya internet. Sedangkan tidak semua daerah dan masyarakat mampu untuk memiliki dan menguasai hal tersebut. Oleh karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun membuat dan melaksanakan Program Layanan Internet Anak-Anak Desa Tepian Hutan (Literasi Hutan) khususnya di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun dalam melaksanakan Program Literasi Hutan di Kecamatan Kare.  Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitiannya menggunakan teori proses manajemen strategi menurut J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen yang meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi serta pengendalian dengan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun berusaha keras memaksimalkan kekuatan yang dimiliki berupa struktur organisasi, komitmen petugas, SDM yang berkompeten dan memperbesar peluang yang ada yaitu menjadikan Program Literasi Hutan sebagai program percontohan baik lokal maupun nasional. Selain itu juga didukung dengan adanya penghargaan dari Provinsi Jawa Timur, kerjasama dengan komunitas lokal, anggaran dari APBD Kabupaten Madiun setiap tahunnya dan dilengkapi dengan Silabus sebagai pedoman. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kekurangan yaitu fasilitas yang kurang memadai dan intensitas kunjungan yang masih kurang. Sehingga peneliti memberikan saran yaitu  supaya menambah fasilitas dan sumber daya manusia yang dikhususkan untuk Program Literasi Hutan. Dan juga diharapkan dapat bekerja sama dengan instansi terkait.   
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Pelayanan Publik, Program Literasi Hutan  

Published
2018-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 44