IMPLEMENTASI LAYANAN SISTEM PENGELOLAAN KENAIKAN PANGKAT (SIPEKAT) di BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO

  • Nurul Fahtika Sari

Abstract

Abstrak

Pelayanan publik merupakan salah satu tugas pemerintah yang harus dilakukan. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo yang mempunyai tugas dan fungsi serta kewenangan di bidang kepegawaian dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas layanan administrasi kepegawaian (khususnya di Kabupaten Sidoarjo) melalui Innovation Government dan Electronic Government. BKD Sidoarjo meluncurkan aplikasi berbasis elektronik yang bernama SIPEKAT (Sistem Pengelolaan Kenaikan Pangkat). Berdasarkan SK Bupati Sidoarjo Nomor: 800/307/404.6.1/2015 SIPEKAT dapat memangkas alur layanan kepegawaian dan proses tatap muka antara admin atau staf di Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun dengan pihak yang berkepentingan menjadi berkurang. Aspek-aspek dalam implementasi e-Government untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik menurut Rianto dan Lestari (2012:43) yang memiliki tujuh indikator, antara lain: Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software), Human Resources (SDM), Data dan Informasi, Struktur Organisasi, Komunikasi, dan Sikap Pelaksana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun fokus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software), Human Resources (SDM), Data dan Informasi, Struktur Organisasi, Komunikasi, dan Sikap Pelaksana. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan implementasi layanan SIPEKAT sudah cukup direspon dengan baik oleh PNS Sidoarjo, infrastruktur yang memadai baik dari segi Hardware dan Software guna untuk mencapai tujuan dari layanan SIPEKAT ini. SDM yang ada tidak berdasarkan latar belakang pendidikan ahli teknologi informasi, tetapi hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk berjalannya program layanan SIPEKAT. Selain itu sikap pengguna dari SKPD lain harus lebih meningkatkan pengetahuan serta meningkatkan fasilitas pendukung program layanan berbasis e-Government ini.    

Kata Kunci: Implementasi, Pelayanan Publik, SIPEKAT

Published
2018-01-16
Section
Articles
Abstract Views: 188
PDF Downloads: 550