Strategi Peningkatan Pelayanan Perekaman E-KTP Melalui Pelayanan Jemput Bola Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya

  • LOLITA OKTAVIANA

Abstract

Abstrak

Pelayanan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang ditujukan kepada orang lain, baik individu maupun kelompok. Salah satu pelayanan yang di berikan kepada masyarakat yaitu perekaman E-KTP melalui pelayanan jemput bola. Selama ini pelayanan E-KTP masih terdapat permasalahan yang meliputi,  tidak  memiliki cukup waktu, malas mengantri, tidak mengetahui persyaratan, serta proses yang cukup lama. Dengan adanya permasalahan pada perekaman E-KTP Dispendukcapil membuat terobosan pelayanan percepatan mengenai perekaman E-KTP melalui pelayanan jemput bola. Dengan adanya strategi jemput bola perekaman E-KTP dapat membantu masyarakat untuk mempunyai kartu identitas meskipun sudah lanjut usia khususnya warga Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah strategi peningkatan perekaman E-KTP melalui pelayanan jemput bola menggunakan teori menurut Osborne yang terdapat lima pokok dasar yaitu: Strategi Inti, Strategi Konsekuensi, Strategi Pelanggan, Strategi Pengawasan, Strategi Budaya Hasil penelitin ini Dispendukcapil telah melaksanakan strategi dalam pelayanan jemput bola dengan cukup baik untuk meningkatkan kualitas dari pelayanan perekaman E-KTP, dalam mewujudkan pelayanan yang maksimal Dispendukcapil menciptakan kondisi kerja yang sehat antar pegawai dan atasan yang dilakukan dengan sikap kekeluargaan antara pegawai dan atasan waktu menjalankan tugas. Sehingga pegawai akan merasa nyaman dengan kondisi kerja. Saran yang disampaikan dari peneliti terhadap Dispendukcapil yaitu peran pemimpin yang selalu ikut serta diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dalam jemput bola perekaman E-KTP, juga memperhatikan redward yang seharusnya bukan di nilai dari kepuasan pegawainya bisa juga dengan finansial yang di dapatkan, dan memberikan tambahan transportasi yang memadahi untuk perekaman E-KTP supaya semua masyarakat bisa terjangkau. 

Kata Kunci: Strategi, Pelayanan, Perekaman E-KTP

Published
2018-01-18
Section
Articles
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 811