INOVASI PROGRAM ELEKTRONIK TILANG (E-TILANG) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KEPOLISIAN RESORT (POLRES) KEDIRI

  • FAIRUZ SALSABILA

Abstract

Abstrak  

Dalam proses penegakan hukum yang dilakukan oleh polisi lalu lintas masih banyak memunculkan keluhan yang dirasakan oleh masyarakat terkait dengan proses tilang. Sistem penilangan manual saat ini memiliki banyak kendala di lapangan dan berpotensi memberi peluang penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang. Kepolisian Resort (Polres) Kediri menciptakan inovasi Elektronik Tilang (E-Tilang) yang berbasis teknologi informasi dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam proses tilang dan meringkas birokrasi karena masyarakat tidak perlu mengikuti sidang tilang di Pengadilan Negeri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah petugas Unit Tilang Satlantas Polres Kediri, petugas Unit Turjawali Satlantas Polres Kediri dan masyarakat selaku pelanggar lalu lintas yang menggunakan sistem Elektronik Tilang (ETilang). Teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi Elektronik Tilang (E-Tilang) di Polres Kediri dapat diterima oleh masyarakat, khususnya masyarakat selaku pelanggar lalu lintas yang menggunakan sistem Elektronik Tilang (E-Tilang). Hal tersebut dapat dilihat dari faktor  keberhasilan inovasi yaitu faktor Leadership yang menunjukkan adanya peran dan tanggung jawab pemimpin (Kapolres Kediri) yang telah memotivasi bawahannya untuk menciptakan inovasi Elektronik Tilang (E-Tilang) di Polres Kediri. Faktor Management/Organization yang menjelaskan adanya visi, misi dan strategi dalam menciptakan inovasi berupa sosialisasi kepada masyarakat, adanya pengembangan sumber daya manusia berupa pelatihan dan pembinaan petugas kepolisian, serta adanya pihak-pihak pendukung pada inovasi Elektronik Tilang (E-Tilang). Faktor Risk Management menjelaskan masih terdapat prosedur yang belum sesuai dengan pelaksanaan inovasi Elektronik Tilang (E-Tilang) dikarenakan belum adanya koneksi lebih lanjut antara pihak terkait. Faktor Human Capital menjelaskan bahwa adanya pelatihan khusus yang dilakukan oleh pihak Polres Kediri terkait mekanisme Elektronik Tilang (E-Tilang). Faktor Technology yang menjelaskan adanya aplikasi sebagai penunjang inovasi Elektronik Tilang (E-Tilang) sebagai layanan berbasis teknologi informasi. Saran dari pelaksanaan inovasi Elektronik Tilang (E-Tilang) adalah segera dilakukan pembenahan prosedur dalam proses pengambilan denda tilang yang dirasa masih membingungkan masyarakat selaku pelanggar lalu lintas.  
Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan, Elektronik Tilan

Published
2018-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 367
PDF Downloads: 361