INOVASI PELAYANAN E-MASTER di BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR

  • Rizal Rochman Firmansyah

Abstract

Abstrak

Sebagai instansi penyelenggara pelayanan publik di tingkat pemerintahan provinsi, Badan Kepegawaian Daerah Jawa Timur melakukan berbagai upaya agar lebih cepat dalam pengurusan administrasi kepegawaian yaitu dengan membuat Inovasi Pelayanan E-Master. Inovasi ini merupakan Inovasi dengan pengurusan kepegawaian dengan mudah, cepat dan memangkas birokrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan inovasi pelayanan E-Master di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sub Bidang Pengolahan Data dan Sistem Informasi, staf IT Sub Bidang Pengolahan Data dan Sistem Informasi, staf pegawai Sub Bidang Pengolahan Data dan Sistem Informasi dan Pegawai ASN Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang menggunakan Inovasi pelayanan E-Master. Teknik analisis data terdiri dari observasi, wawancara,dokumentasi dan penelusuran data online. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan inovasi pelayanan E-Master dari 5 (Lima) Faktor Keberhasilan Inovasi menurut Cook, Matthews dan Irwin dalam Grisna dan Wawan (2013) yaitu 1) Leadership,2) Management/Organization, 3) Risk Management, 4) Human Capital dan 5) Technology.  Hasil penelitian menunjukkan  inovasi pelayanan E-Master sudah berjalan cukup baik selama ini namun masih terdapat beberapa permasalahan dan belum sempurna dalam prosesnya.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Inovasi, E-Master.

Published
2018-02-13
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 1175