INOVASI LAYANAN MATADELTA (MOBILE ASPIRASI ANGGOTA DPRD KOTA DELTA) DI KANTOR DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SIDOARJO

  • TIKA ISGUNTORO

Abstract

Abstrak  

Kantor DPRD Sidoarjo adalah Sekretariat DPRD Sidoarjo sebagai unsur pelayanan administratif dan pemberian dukungan terhadap tugas, fungsi DPRD Kabupaten Sidoarjo. DPRD Kabupaten Sidoarjo merupakan wakil rakyat sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di daerah memiliki kewajiban menjaring aspirasi dari masyarakat Sidoarjo. Dengan latar belakang tersebut, DPRD Kabupaten Sidoarjo membuat sebuah Inovasi Layanan MATADELTA (Mobile Aspirasi Anggota DPRD Kota Delta) sebagai wadah untuk menjaring aspirasi dari masyarakat. Inovasi ini muncul karena masyarakat kesulitan dalam menyampaikan aspirasinya dan kegiatan reses kurang berjalan maksimal serta banyak masyarakat yang tidak kenal dengan anggota dewan. Makadari itu masyarakat membutuhkan wadah yang praktis, mudah, dan cepat untuk menyampaikan aspirasinya.Penelitian ini untuk mendiskripsikan Inovasi Layanan MATADELTA (Mobile Aspirasi Anggota DPRD Kota Delta) di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sidoarjo. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Fokus berdasarkan teori Stephen Robbins (2003:115) yaitu Inovasi memiliki kekhasan /khusus, Memiliki ciri atau unsur kebaruan, Melalui program yang terencana, Memiliki tujuan. Tekhnik analisis data mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian Inovasi layanan MATADELTA (Mobile Aspirasi Anggota DPRD Kota Delta) pada ciri inovasi memiliki kekhasan/ khusus dari segi ide yaitu dari hasil pemikiran dan interpretasi anggota DPRD Sidoarjo melihat kondisi dan permasalahan di Sidoarjo untuk menciptakan inovasi tersebut, dari segi program menggunakan pola modern memanfaatkan tekhnologi HP (mobile) android melalui aplikasi MATADELTA yang didwoanload di playstore, sistemnya melibatkan komponen elemen dan prosedur baru, dan kemungkinan hasil diharapkan dapat lebih maksimal. Aspek nilai kebaruan yaitu tidak menduplikat atau meniru inovasi lain dan pertama kali diterapkan oleh DPRD Kabupaten Sidoarjo periode 2014-2019, aspek melalui program terencana yaitu dilaksanakan dengan tahapan yang terencana dan tersinergi dengan masyarakat. Inovasi memiliki tujuan yaitu memberi kemudahan dan percepatan kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya sekaligus menjalin hubungan kedekatan antara masyarakat dengan anggota dewan dan untuk menciptakan good goverment. Melalui strategi sosialisasi, penambahan fitur MATADELTA pada website resmi DPRD Sidoarjo, serta melakukan back-up dari berbagai sosial media. Disimpulkan secara garis besar inovasi tersebut berjalan cukup baik namun mengalami kendala jaringan internet, banyak aspirasi yang belum direspon sehingga komunikasi dua arah kurang maksimal, banyak masyarakat yang belum tau dan kesulitan  menggunakannya. Sarannya, perlu sosialisasi secara intens dan strategi untuk meningkatkan kesadaran anggota dewan serta perlu dilakukan perbaikan dan pembaharuan untuk menyempurnakan inovasi tersebut.
Kata Kunci : Inovasi, Layanan, Matadelta

Published
2018-02-14
Section
Articles
Abstract Views: 224
PDF Downloads: 210